Marmite, Selai Hitam Gurih Jadi Favorit Ratu Elizabeth

Devi Setya - detikFood Jumat, 13 Jul 2018 16:13 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak kebiasaan makan Ratu Elizabeth yang jadi sorotan karena dianggap unik. Kini terungkap lagi, Ratu Inggris punya selai favorit. Apa istimewanya?

Dikabarkan Pure Wow (13/7) Ratu Elizabeth punya banyak makanan favorit, salah satunya selai gurihMarmite. Brand selai ini sudah dikontrak sebagai salah satu makanan yang rutin masuk dalam istana sebagai stok makanan.

Apakah Ratu menyantapnya? Ya, tentu saja. Mungkin juga anggota keluarga kerajaan lain seperti Pangeran Charles juga turut menikmatinya.
Marmite, Selai Hitam Gurih Jadi Favorit Ratu Elizabeth Foto: Istimewa
Baca juga : Ini Kue yang Selalu Dibawa Ratu Elizabeth Ketika Berpergian

Selai gurih ini mendapat izin masuk ke dapur kerajaan setidaknya dalam lima tahun ke depan. Artinya selai ini terus dijadikan stok makanan. Sama halnya seperti makanan dari brand lain Quacker Oats dan Johnnie Walker.

Sejauh ini belum jelas sesiapa saja yang gemar makan selai ini tapi melihat kontrak pemesanan yang tertulis, tampaknya banyak yang menyukainya.

Marmite atau vegemite adalah selai gurih berwarna cokelat gelap cenderung hitam yang terbuat dari ekstrak ragi, sayuran dan rempah. Bagaimana rasanya? Mirip seperti pasta kedelai yang rasanya gurih asin dengan aroma tajam.

Sama seperti selai buah atau kacang, selai Marmite ini juga biasa dioleskan pada roti. Orang banyak menikmati bersama secangkir teh di sore hari. Tapi kadang Marmite juga ditambahkan dalam masakan untuk membuat rasanya lebih gurih.
Marmite, Selai Hitam Gurih Jadi Favorit Ratu Elizabeth Foto: Istimewa
Baca juga : Ini 12 Makanan Favorit yang Selalu Disantap Oleh Ratu Elizabeth II

Sesendok selai ini bisa membuat sup, semur dan casserole agar lebih lezat. Tapi beberapa orang yang berani, kadang menambahkannya pada kue cokelat atau butter cream.

Jadi selai ini bisa dibilang multifungsi. Bisa dijadikan olesan roti tawar, ditambahakan dalam masakan hingga dijadikan campuran kue. Selai vegemite ini bukan hanya menjadi ikon sarapan masyarakat Inggris saja tetapi juga negara persemakmuran Inggris. Karenanya vegemite juga populer di Australia dan Singapura. (dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com