Huahh! Bakso Blendi Iga dengan Paduan Cabai Utuh dari Blitar

Erliana Riady - detikFood Minggu, 15 Nov 2020 13:00 WIB
Huahh! Bakso Blendi Iga dengan Paduan Cabai Utuh dari Blitar Foto: Erliana Riady/detikcom
Blitar -

Bakso adalah jajanan favorit saat musim hujan. Dari Blitar yang identik dengan masakan super pedas, ada bakso blendi iga yang layak dicoba!

Bakso blendi iga dijual sebuah warung di Jalan Palem, Kota Blitar. Satu porsi bakso blendi iga terdiri dari tiga buah pentol bakso, sepotong tahu, sebuah gorengan dan tiga potong iga sapi yang empuk juicy.

Bagi penyuka pedas, pedagang bakso ini menyediakan kuah blendi. Berupa kuah kaldu sapi penuh isian cabai utuh matang.

Cabai memang sengaja dibiarkan masih utuh, supaya ketika makan baksonya bisa sambil menggigit cabai ini. Letusan cabai utuh yang menyatu dengan gurihnya bakso inilah, sensasi yang dicari pelanggan.

Huahh! Bakso Blendi Iga dengan Paduan Cabai Utuh dari BlitarHuahh! Bakso Blendi Iga dengan Paduan Cabai Utuh dari Blitar Foto: Erliana Riady/detikcom

"Mantap, cabainya ini kalau meletus bareng ngunyah baksonya rasanya nikmat. Gurih, pedasnya menyatu di lidah," kata Wisnu, pelanggan bakso tarlung di barat Terminal Patria Kota Blitar ini, Sabtu (14/11/2020).

Pemilik warung, Ahmad Hermawan rupanya sangat paham potensi pasar di Blitar. Setelah sukses membuka usaha yang sama di Malang, lelaki 22 tahun ini melebarkan sayapnya untuk ekspansi ke Kota Blitar. Namun dengan menggali ciri khas masakan Blitar yang serba pedas.

"Iya di sini saya sediakan kuah biasa sama kuah blendi. Soalnya orang Blitar kan sangat suka pedas. Satu kuali kuah itu sekitar 10 liter saya kasih 4 kg cabai utuh," ujar Wawan, panggilan akrabnya.

Huahh! Bakso Blendi Iga dengan Paduan Cabai Utuh dari BlitarHuahh! Bakso Blendi Iga dengan Paduan Cabai Utuh dari Blitar Foto: Erliana Riady/detikcom

Dalam sehari, tak kurang 6 kg iga disediakan untuk para pelanggannya. Dan akan bertambah sampai 10 kg iga tiap akhir pekan. Sedangkan untuk baksonya sendiri, Wawan mengolah tiga kilogram daging sapi.

Warung yang buka tiap hari mulai pukul 09.30 WIB sampai 20.30 WIB tak pernah sepi pembeli. Karena beragam jenis isian bakso bisa dipilih pelanggan. Seperti iga, tarlung, kuah blendi dan biasa.

"Kalau yang bakso iga biasa seporsi harganya Rp 18 ribu. Kalau yang bakso iga kuah blendi harganya Rp 20 ribu. Yang blendi menyesuaikan harga cabai di pasaran pokoknya. Tapi pembeli biasanya gak masalah, asal tetep bisa menikmati pedasnya," pungkasnya.

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com