Kuliner China Kontemporer

Fuyunghai dan Sapo Tahu Ada di Warung Kaki Lima hingga Restoran China

Devi Setya - detikFood Rabu, 11 Nov 2020 18:02 WIB
Fuyunghai dan Sapo Tahu Ada di Warung Kaki Lima hingga Restoran China Foto: Getty Images/hxyume


4. Tahu mapo

Fuyunghai dan Sapo Tahu Ada di Warung Kaki Lima hingga Restoran ChinaFuyunghai dan Sapo Tahu Ada di Warung Kaki Lima hingga Restoran China Foto: Getty Images/hxyume



Mapo tahu atau disebut juga sebagai tahu mapo juga merupakan hidangan asli dari Sichuan, China. Sesuai dengan namanya, hidangan ini dibuat dengan bahan utama tahu yang dimasak dengan bumbu saus pedas gurih.

Saus mapo tahu berwarna kemerahan dan berminyak. Warna merah ini berasal dari minyak cabai sichuan dan douban atau fermentasi kacang polong. Sebagai campuran, mapo tahu diberi daging sapi cincang, sayuran dan jamur kuping.

Dalam versi asli, mapo tahu punya rasa yang sangat pedas. Sausnya bahkan bisa membuat lidah terasa seperti kebas, hidangan ini makin populer saat musim dingin tiba.


5. Ifumie


Ifumie juga tak kalah populer, hidangan mie kuning yang direbus lalu digoreng kering ini disukai banyak orang. Ifumie mudah ditemui di warung oriental kaki lima hingga restoran China berbintang.

Ciri khas ifumie terletak pada mie yang digoreng kering dan membentuk sarang. Mie ini lalu disajikan dengan tumisan sayur mirip capcay, terdiri dari wortel, jagung muda, sawi hingga jamur.

Ifumie dimasak dengan bumbu dasar bawang putih sehingga rasanya dominan hanya gurih asin. Bagi pencinta pedas, ifumie kerap disantap dengan tambahan sambal yang disajikan terpisah.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com