Viral Video Emak-emak Belanja Sayur Pakai Bahasa Korea-Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 11 Nov 2020 19:00 WIB
Viral Video Emak-emak Belanja Sayur Pakai Bahasa Korea-Indonesia Foto: TikTok @hiperbolame
Jakarta -

Konten emak-emak belanja sayur ini viral di TikTok. Mereka terlihat menggunakan bahasa Korea campur Indonesia. Videonya bahkan sudah ditonton dua juta kali!

Belanja sayur di tukang keliling jadi kebiasaan banyak emak di Indonesia. Selain praktis, cara ini memungkinkan mereka bertemu satu sama lain.

Tak jarang, bahan obrolan bahkan gosip berawal dari kebiasaan emak-emak belanja di tukang sayur ini. Nah, tapi apa jadinya kalau mereka belanja pakai bahasa asing?

Netizen TikTok Adhitya Fariz Hakim yang dikenal dengan nama Adhitya Yappeo menunjukkannya. Ia adalah influencer yang terkenal dengan kebiasaan mencampur bahasa Korea dan indonesia saat berbicara.

Viral Video Emak-emak Belanja Sayur Pakai Bahasa Korea-IndonesiaViral Video Emak-emak Belanja Sayur Pakai Bahasa Korea-Indonesia Foto: TikTok @hiperbolame

Ada beberapa padanan kata dalam bahasa Korea yang ia gunakan. Diantaranya 'yeppeo' yang artinya 'cantik atau indah,' 'imnida' yang secara harfiah 'adalah', dan 'juseyo' yaitu 'berikan.'

Terbaru, Adhitya mengajak emak-emak untuk mempraktikkan bahasa 'yappeoo' saat belanja sayur. "Jualan sayur pake bahasa Yappeoo," tulisnya sebagai judul video.

Adhitya berakting jadi tukang sayur keliling. "Sayur... sayur... arasso... Sayur imnida... Eomma sayur juseyo, Eonni sayur imnida," katanya dengan intonasi khas tukang sayur saat menjajakan dagangan.

Ia lalu disambut satu per satu emak-emak di kampung. "Ahjussi mau beli imnida," kata seorang ibu. Disusul dengan ibu lain, "Ahjussi saya neun mau beli arraso."

Viral Video Emak-emak Belanja Sayur Pakai Bahasa Korea-IndonesiaViral Video Emak-emak Belanja Sayur Pakai Bahasa Korea-Indonesia Foto: TikTok @hiperbolame

Video ini terlihat menarik karena melibatkan banyak emak-emak yang aktingnya natural. "Ibu komplek pada mau beli apa imnida?", lanjut Adhitya. Terlihat emak-emak sibuk memilih sayur di keranjang.

Baca Juga: Mantap! Emak-emak Jualan Sayur Ngebut Naik Motor Sport

Lalu seorang ibu mengawali gosip. "Omma ada gosip apa hari ini midah." Pertanyaan ini langsung disambut jawaban menarik, "Si eonni baru mobil baru juseyo," sahut ibu lainnya.

Gosip tetangga mereka yang baru beli mobil pun jadi topik hangat, tapi seorang ibu lalu mengingatkan untuk tidak bergosip.

"Omma omma jangan pada ngegosip inidah. Ga baik arasse," sahut seorang ibu berkerudung.

Viral Video Emak-emak Belanja Sayur Pakai Bahasa Korea-IndonesiaViral Video Emak-emak Belanja Sayur Pakai Bahasa Korea-Indonesia Foto: TikTok @hiperbolame

Video ini diakhiri dengan Adhitya yang menanyakan barang belanjaan emak-emak. Mereka beli pepaya, kerupuk, sampai tahu.

Tapi saat Adhitya bilang kalau harga semua barang naik, emak-emak inipun kabur tak jadi belanja.

Banyak netizen merasa terhibur dengan konten emak-emak belanja sayur pakai bahasa Korea ini. "Mood banget asli," ujar seorang netizen.

Lalu ada juga yang bertanya, "Kasih tau gua cara ngajak collab ibu-ibunya gimana." Adhitya pun menjawab, "Wkwk itu ibu-ibunya yang minta."

Saat berita ini dibuat, video ini sudah ditonton lebih dari 2,1 juta kali. Kemudian netizen membanjiri lapak komentar dengan ribuan tanggapan.

Baca Juga: Inspiratif! 20 Tahun Jualan Sayur, Ibu Ini Bisa Beli Mobil

@hiperbolame

Reply to @sijeuni.stay.teume JUALAN SAYUR PAKE BAHASA YAPPEOO !! Akhirnyaa buat yappeo lagi😭 Ig: @adhityappeoo

♬ original sound - Adhitya yappeo


Simak Video "Melihat Gudang Distributor Sayur dan Buah Online di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com