Inspiratif! 20 Tahun Jualan Sayur, Ibu Ini Bisa Beli Mobil

Devi Setya - detikFood Jumat, 23 Okt 2020 10:30 WIB
20 Tahun Jualan Sayur, Ibu Ini Bisa Beli Mobil Foto: youtube Sembako Channel 89
Jakarta -

Keterbatasan bukanlah alasan untuk berpangku tangan. Seperti ibu Een yang puluhan tahun berjualan sayur dengan modal seadanya, kini ia bisa membeli mobil.

Ibu Een bukanlah penjual sayur sembarangan. Wanita gesit ini setiap harinya berkeliling menjajakan sayur sendiri mengendarai mobil pick up.

Kisahnya dibagikan lewat channel youtube Sembako Channel 89. Ibu Een berkisah, ia mulai jualan sayur sejak 20 tahun lalu.

20 Tahun Jualan Sayur, Ibu Ini Bisa Beli Mobil20 Tahun Jualan Sayur, Ibu Ini Bisa Beli Mobil Foto: youtube Sembako Channel 89

Dengan modal seadanya saat itu, Ibu Eem mengandalkan uang Rp 80 ribu sebagai modal belanja sayur dan beberapa kebutuhan dapur. Ia berjualan menggunakan tampah yang dipikul di atas kepalanya.

Sebagai single parents, tak ada alasan bagi Ibu Een untuk duduk manis di rumah. Ia adalah tulang punggung untuk anak-anaknya agar tetap bisa bersekolah dan melanjutkan hidup.

Puluhan tahun berjualan sayur, sedikit-demi sedikit Ibu Een bisa mengumpulkan uang untuk membeli satu unit mobil bak terbuka. Dengan mobil inilah Ibu Een sekarang berkeliling menjajakan sayuran.

"Belanja setiap hari jam 03.00, jam setengah 3 pagi. Setelah itu jualan jam 05.00 subuh sampai jam 12.00 baru bisa pulang," kata Bu Een menceritakan aktivitasnya.

Dengan mobil ini Ibu Een bisa memuat lebih banyak sayuran dan aneka bahan pokok. Bagian belakang mobilnya juga sudah dimodifikasi agar bisa menata sayuran lebih mudah.

Setiap harinya Ibu Een membawa banyak barang mulai dari daging ayam, ikan basah, ikan asin, sayuran segar, tahu, tempe, kerupuk hingga aneka bumbu. Ia berjualan di kawasan Rangkasbitung dan sekitarnya.

Ibu Een punya beberapa titik berhenti. Pembeli juga sudah banyak yang menjadi langganannya sehingga dagangannya ini pasti laris manis diserbu.

Memulai usaha dengan modal Rp 80 ribu kini Ibu Een bisa memutarkan uang sekitar Rp 3.000.000 dalam satu hari. Sebagian uang ini nantinya akan dijadikan modal belanja lagi.

Harapan Bu Een hanya satu, agar anak-anaknya bisa menjadi orang sukses supaya kelak bisa membanggakan orang tua. "Cita-cita mah pengen anak jadi orang (sukses) jangan seperti saya. Kalau sudah jadi orang, kan kita sebagai orang tua ikut seneng. Bisa istirahat juga, sudah tua," beber Bu Een.

20 Tahun Jualan Sayur, Ibu Ini Bisa Beli Mobil20 Tahun Jualan Sayur, Ibu Ini Bisa Beli Mobil Foto: youtube Sembako Channel 89

Netizen yang melihat unggahan video ini pun ramai mendoakan Bu Een sekaligus memberi semangat. Kisah Ibu Een bahkan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

"Semangat terus Ibu Een, luar biasa. Patut kita tiru, sehat terus ya Bu Een," kata netizen.

"Terima kasih informasinya. Saya jadi pengen jualan sayur. Semoga rezekinya lancar Bu Een," doa netizen.



Simak Video "Maknyus! Warung Tenda Ini Sajikan Kuliner Khas Jepang Otentik"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)