Makan Buah dengan Taburan Garam Ternyata Lebih Sehat

Devi Setya - detikFood Selasa, 10 Nov 2020 19:00 WIB
Makan Buah dengan Taburan Garam Ternyata Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina-84

2. Sebagai antibakteri

Buah segar memiliki kandungan air yang tinggi, kondisi seperti ini membuat buah rentan dihinggapi bakteri dan mikroorganisme. Ketika ditambahkan garam maka buah akan lebih terjaga dan terlindungi dari bakteri.

Sebagai contoh, coba bandingkan asinan buah yang diolah dengan tambahan garam maka akan lebih awet tahan lama. Tapi penggunaan garam ini harus diperhatikan agar tidak berlebihan.

3. Membersihkan pestisida

Makan Buah dengan Taburan Garam Ternyata Lebih SehatMakan Buah dengan Taburan Garam Ternyata Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina-84


Garam bisa diandalkan untuk membersihkan pestisida dan kotoran yang menempel pada permukaan buah. Pembersih alami ini bisa membantu menghilangkan pestisida dan zat kimia yang melekat pada buah.

Misalnya pada buah apel atau pir, cukup cuci buah sambil merendamnya sebentar dalam larutan air garam. Buah bisa langsung dikonsumsi atau disimpan tanpa perlu dibilas lagi.

Merendam buah dengan air garam juga mencegah oksidasi. Apel yang sudah dipotong bisa direndam dalam air garam agar warnanya tidak browning atau menjadi kecoklatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ini Cara Membuat Garam Tradisional di NTT"
[Gambas:Video 20detik]


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com