Kuliner China Kontemporer

5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 10 Nov 2020 17:30 WIB
5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China Foto: Getty Images/iStockphoto/rez-art

2. Siomay

5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China Foto: Getty Images/iStockphoto/rez-art

Sebagai salah satu jajanan yang paling populer di Indonesia, siomay bisa ditemui di pinggir jalan sampai restoran mewah. Siomay yang terbuat dari ikan, disajikan dengan saus kacang yang kental.

Menurut catatan sejarah, siomay diambil dari shumai. Shumai sendiri merupakan pangsit isi tradisional yang berasal dari Hohhot. Dalam budaya kuliner Kanton, siomay masuk ke dalam jenis dim sum yang biasanya disantap dengan teh panas.

Isian siomay cukup beragam, tapi bahan utamanya ada daging babi giling yang dicampur dengan udang, rebung atau jamur shiitake.

Namun ketika masuk ke Indonesia, cara penyajiannya jauh lebih sederhana. Daging babi mulai diganti dengan ikan, kemudian menu pelengkapnya ada tahu, kentang, kol sampai pare. Tak ketinggalan sambal kacangnya yang menjadi ciri khas tersendiri.


3. Bakso

5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China5 Jajanan Enak Ini Diadaptasi dari Kuliner China Foto: Getty Images/iStockphoto/rez-art

Sama seperti siomay, popularitas bakso sebagai jajanan lokal yang enak juga masih bertahan sampai sekarang. Meski sudah menjadi makanan sehari-hari, tapi sebenarnya bakso berasal dari China. Lebih tepatnya bakso atau bola-bola daging populer pada abad 17 pada masa Dinasti Ming.

Nama bakso juga diambil dari bahasa China. 'Bak' artinya daging babi, serta 'so' artinya kuah kaldu. Jadi jika digabungkan bakso merupakan bola daging babi yang diberi kuah kaldu.

Ketika masuk ke Indonesia, bakso mulai dimodifikasi oleh masyarakat. Karena orang Indonesia kebanyakan tidak mengonsumsi daging babi, jadi bahan utama ini diganti dengan daging sapi.

Kini beberapa daerah di Indonesia memiliki jenis bakso masing-masing. Seperti bakso khas Malang, bakso dari Solo, bakso asal Wonogiri sampai bakso cuanki yang jadi jajanan hits di Bandung.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Mencoba Dendeng hingga Rendang Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com