Disebut Mirip Alien, Ikan Seberat 45 Kg Ini Harganya Rp 7,8 Juta

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 10 Nov 2020 16:30 WIB
Disebut Mirip Alien, Ikan Seberat 45 Kg Ini Harganya Rp 7,8 Juta Foto: 三立LIVE新聞 YouTube Channel
Jakarta -

Ditemukan di dalam laut dalam yang ada di Taiwan, ikan ini disebut mirip seperti alien. Beratnya mencapai 45 kg dengan harga jutaan rupiah.

Banyak spesies ikan langka yang jarang ditemukan karena habitatnya berada di dalam laut. Seperti jenis ikan laut bernama oarfish, yang sering juga disebut sebagai 'Earthquake Fish'.

Baca Juga: Fakta Ikan Blobfish, Ikan Jelek yang Rasa Dagingnya Tawar

Ikan yang satu ini biasanya muncul beberapa saat sebelum terjadi gempa bumi atau tsunami. Sejak dulu ikan laut yang berukuran panjang dan besar ini, memang dijadikan tanda oleh masyarakat akan adanya beberapa bencana alam.

Disebut Mirip Alien, Ikan Seberat 45 Kg Ini Harganya Rp 7,8 JutaDisebut Mirip Alien, Ikan Seberat 45 Kg Ini Harganya Rp 7,8 Juta Foto: 三立LIVE新聞 YouTube Channel

Dilansir dari Mothership (10/11), baru-baru ini seorang nelayan asal Taiwan berhasil menangkap ikan langka yang satu ini. Ikan oarfish ini disebut mirip seperti alien, karena ukurannya yang panjang dan wajah menyeramkan.

Nelayan yang tidak disebutkan namanya ini sempat terkejut ketika melihat ikan itu tertangkap. Chen berhasil menangkap ikan ini di perairan Dong'ao, di Yilan.

Setelah diukur, panjang ikan alien ini mencapai 5 meter. Dengan berat sampai 45 kg. Ukurannya yang cukup besar berhasil membuat penemuan ikan ini menjadi viral.

Disebut Mirip Alien, Ikan Seberat 45 Kg Ini Harganya Rp 7,8 JutaDisebut Mirip Alien, Ikan Seberat 45 Kg Ini Harganya Rp 7,8 Juta Foto: 三立LIVE新聞 YouTube Channel


Banyak orang yang datang dan menawar harga untuk membeli ikan ini. Ikan alien ini akhirnya berhasil terjual ke salah satu restoran seafood bernama Fumei Huo.

Sang pemilik restoran bernama Chen rela membayar ikan itu dengan harga mahal sekitar NT$16,000 (Rp 7,8 juta). Meski disebut sebagai ikan alien, tapi untuk masalah rasa ikan oarfish ini tak perlu diragukan lagi.

Bagian dalam daging ikan sangat empuk dan lembut. Bahkan banyak orang yang mengklaim bahwa tekstur daging ikan ini lebih lembut dari tahu. Kebanyakan ikan ini dimasak dengan cara dikukus atau dijadikan sup.

Menurut Chen sendiri kisaran harga ikan oarfish di pasaran ini memang cukup tinggi. Per 1 kg daging ikan oarfish, dihargai sekitar NT$300 hingga NT$400 (Rp 146.000 - Rp 187.909).

Disebut Mirip Alien, Ikan Seberat 45 Kg Ini Harganya Rp 7,8 JutaDisebut Mirip Alien, Ikan Seberat 45 Kg Ini Harganya Rp 7,8 Juta Foto: 三立LIVE新聞 YouTube Channel

Tak hanya di Taiwan, ikan oarfish ini bisa ditemukan di berbagai perairan. Menurut data yang ada, satu ikan oarfish bisa memiliki panjang hingga 17 meter. Ikan ini hidup di dalam perairan laut yang dalam,

Ikan dengan bentuk menyerupai ular ini biasanya baru muncul ke permukaan laut jika sekarat atau sudah mati.

Selain ikan oarfish ada juga ikan warasubo dari Jepang. Ikan ini juga menyandang julukan ikan alien karena tampilannya yang menyeramkan, lengkap dengan gigi-gigi tajamnya yang kecil.

Baca Juga: 5 Fakta Warasubo, Ikan Alien yang Menyeramkan dari Jepang



Simak Video "Bikin Laper: Jajan Seafood Saus Padang Satu Kuali Rp 575 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com