Fakta Ikan Blobfish, Ikan Jelek yang Rasa Dagingnya Tawar

Devi Setya - detikFood Minggu, 12 Jul 2020 15:00 WIB
ikan blobfish Foto: fact sea/istimewa
Jakarta -

Ikan blobfish memang tidak terdengar familiar, tapi ikan ini disebut-sebut sebagai ikan paling jelek di dunia. Daging ikan ini terasa tawar dan tak enak dimakan.

Ikan Blobfish memiliki bentuk muka yang aneh jadi banyak orang menyebutnya sebagai ikan alien. Ikan blobfish tidak sepopuler ikan laut lain seperti tuna atau ikan salmon tapi bagi kalangan penggemar ikan ikonik, ikan blobfish terbilang primadona.

Blobfish jarang ditemukan oleh nelayan karena ikan ini cenderung tinggal di laut dalam. Setidaknya butuh penyelaman hingga 1 kilometer ke dalam laut untuk bisa menemukan ikan blobfish.

Bentuknya yang aneh membuat banyak orang penasaran ingin melihat dan bahkan menyantapnya jadi hidangan lezat. Meskipun aman dimakan, ikan blobfish punya rasa daging yang tawar serta teksturnya lembek.

Berikut fakta seputar blobfish, ikan berwajah jelek yang unik.

Baca juga : Hiu Busuk dan Tikus, Makanan Aneh yang Disukai Negara Barat

1. Punya bentuk unik

ikan blobfishikan blobfish Foto: fact sea/istimewa


Blobfish memiliki habitat di laut dalam, ikan ini hidup di kedalaman 600-1200 meter. Blobfish sangat jarang ditemui karena ikan ini sangat jarang naik ke laut dangkal sehingga tak pernah terjangkau oleh para nelayan. Sama seperti ikan di laut dalam lainnya yang memiliki bentuk unik, ikan blobfish juga demikian.

Ikan ini memiliki wajah aneh mirip alien. Ikan yang banyak hidup di lautan Selandia Baru, Australia dan Tasmania ini juga pernah disebut sebagai ikan paling jelek di dunia. Secara alami, ikan blobfish memiliki usia yang panjang yakni mencapai 130 tahun.

Sebagian besar tubuh ikan blobfish terbuat dari gelatin. Pada 2013 The Ugly Animal Preservation bahkan pernah membuat voting online soal hewan terjelek di dunia. Dari hasil voting ini, ada 795 dari 3.000 orang yang memilih ikan blobfish sebagai hewan paling jelek di dunia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3