Ikan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini Faktanya

Riska Fitria - detikFood Senin, 09 Nov 2020 16:30 WIB
Ikan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini Faktanya Foto: iStock

3. Manfaat Ikan Gabus

Ikan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini FaktanyaIkan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini Faktanya Foto: iStock

Selain rasanya yang lezat, ikan gabus juga kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh. Ikan gabus memiliki kandungan protein yang hampir setara dengan daging ayam, tetapi rendah lemak.

Pada 100 gram ikan gabus mengandung energi sebanyak 80 Kkal, 16,2 gr protein, 0,5 gr lemak, 2,6 gr karbohidrat hingga 170 mg kalsium.

Selain itu, ikan gabus juta mengandung albumin atau plasma protein dalam darah. Albumin berfungsi untuk memberikan nutrisi ke seluruh tubuh, sehingga cairan tubuh jadi seimbang.

Bahkan kandungan albumin pada ikan gabus lebih tinggi daripada ikan salmon. Satu ekor ikan gabus biasanya mengandung albumin sebanyak 30%.

Albumin itulah yang berperan dalam proses penyembuhan luka di tubuh. Maka tak heran, ketika seseorang mengalami luka pasca operasi, biasanya dokter menyarankan mengonsumsi ikan gabus.

Baca Juga : Tinggi Protein, Ikan Gabus Bisa Percepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi

4. Diolah Jadi Obat

Ikan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini FaktanyaIkan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini Faktanya Foto: iStock

Selain jadi makanan lezat, ikan gabus juga diolah menjadi obat herbal. Ekstrak ikan gabus itu akan dikemas dalam bentuk kapsul.

Nah, obat inilah yang digunakan dokter-dokter untuk menyembuhkan luka pada pasiennya. Meski begitu, ada efek samping dari mengonsumsi obat dari ekstrak ikan gabus ini.

Efek sampingnya akan bereaksi pada orang yang memiliki hipersensitivitas tinggi. Efeknya samping yang ditimbulkan adalah ruam merah, gatal, bersin, mata berair hingga gatal-gatal.

Jika terjadi hal tersebut, sebaiknya periksalah ke dokter. Efek samping terjadi biasanya karena dosis yang kurang tepat.

5. Jadi Ikan Hias Seharga Puluhan Juta

Ikan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini FaktanyaIkan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini Faktanya Foto: iStock

Belakangan ini ikan gabus ramai dijadikan sebagai ikan hias. Banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya.

Apalagi ikan gabus memiliki berbagai jenis dengan corak-corak yang menarik. Ada corak-corak strip merah, yellow sentarum, dan strip merah.

Kini harganya juga kian melambung tinggi. Satu ekornya saja bisa mencapai Rp 500.000 hingga Rp 35.000.000. Ikan gabus diprediksi akan semakin digemari.

Baca Juga : Bertandang ke Sarang si Gabus

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Warung ''Dapur Betawi Cabe 5'' Sajikan Masakan Betawi Langka"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com