Ikan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini Faktanya

Riska Fitria - detikFood Senin, 09 Nov 2020 16:30 WIB
Ikan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini Faktanya Foto: iStock
Jakarta -

Populer sebagai makanan lezat, ikan gabus kini dijadikan sebagai ikan hias bernilai jutaan rupiah. Ini faktanya.

Belakangan ini ikan gabus digemari sebagai ikan hias. Banyak orang yang tertarik mengoleksi ikan gabus karena cara pemeliharaannya yang tidak sulit.

Seperti ada ikan hias umumnya, ikan gabus diletakkan di dalam akuarium kaca. Satu ekor ikan gabus juga dibanderol dengan harga fantastis mencapai Rp 35 juta.

Padahal selama ini, ikan gabus dikenal sebagai jenis ikan tawar yang hidup di sungai. Ikan gabus juga biasa diolah menjadi makanan lezat yang salah satunya adalah kuliner khas Betawi.

Berikut 5 fakta ikan gabus yang dijadikan ikan hias berharga fantastis.

1. Apa Itu Ikan Gabus?

Ikan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini FaktanyaIkan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini Faktanya Foto: iStock

Ikan gabus adalah jenis ikan tawar yang masuk dalam kategori ikan predator. Itu karena ikan gabus memakan ikan-ikan kecil yang ada di sekitarnya.

Ikan dengan nama ilmiah Channa Striata ini biasa hidup di sungai, danau dan rawa. Ikan ini memiliki keistimewaan, yaitu dapat bernafas di udara menggunakan organ labirin pada sistem pernapasannya.

Ketika sungai sedang kering, ikan gabus akan mengubur dirinya sampai sungai itu dipenuhi air lagi. Namun, jika tak kunjung terisi air, maka ikan gabus akan berjalan di tengah malam untuk menemukan tempat baru.

Ikan gabus biasa ditemui di perairan Pakistan, India, Tiongkok, Srilanka dan negara-negara di Asia Tenggara. Termasuk juga di perairan Indonesia.

2. Jadi Kuliner Khas Betawi

Ikan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini FaktanyaIkan Gabus jadi Ikan Hias Seharga Rp 35 Juta, Ini Faktanya Foto: detikcom

Di Indonesia, ikan gabus dikenal sebagai makanan yang lezat. Bahkan menjadi salah satu kuliner khas Betawi, yaitu ikan gabus pucung.

Ikan gabus pucung merupakan olahan ikan yang diracik dengan bumbu kluwek yang kental dan gurih. Tekstur dagingnya juga lembut dan tebal.

Karena ikan gabus yang mulai langka di pasaran, biasanya restoran-restoran Betawi membudidayakan di kolam sendiri.

Selain itu, ikan gabus juga bisa diolah jadi makanan lezat lainnya. Mulai dari sasangan ikan gabus, sambal ikan asin gabus, hingga sayur ayam kutai.

Baca Juga : Sedapnye Makan Gabus Pucung di 5 Warung Betawi Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Warung ''Dapur Betawi Cabe 5'' Sajikan Masakan Betawi Langka"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com