Resep Cimol Keju Anti Meledak Ini Gampang Dibuat!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 08 Nov 2020 10:00 WIB
Resep Cimol Keju Anti Meledak Ini Gampang Dibuat! Foto: TikTok @auranixie
Jakarta -

Resep cimol keju ini bisa jadi ide camilan praktis dan enak. Teksturnya kenyal dengan isian keju lumer yang gurih.

Cimol adalah jajanan murah meriah yang punya banyak penggemar. Bahan utamanya aci atau tepung tapioka yang membuat teksturnya kenyal.

Selain beli di penjual kaki lima, cimol mudah dibuat sendiri di rumah. Tak perlu takut adonan cimol meledak saat digoreng, ada resep cimol keju anti meledak.

Adalah Neng Aura yang membagikan resep cimol praktis di akun TikToknya, auranixie. Saat berita ini dibuat, videonya sudah disukai lebih dari 1,3 juta akun. Berikut resep cimol keju anti meledak ala Neng Aura:

Resep Cimol Keju Anti Meledak Ini Gampang Dibuat!Resep Cimol Keju Anti Meledak Ini Gampang Dibuat! Foto: TikTok @auranixie

Bahan:
50 g (2 sendok makan) tepung tapioka untuk campuran
1 siung bawang putih parut
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
Air secukupnya
Tambahkan air sesuai dengan jumlah tepung tapioka.
Tepung tapioka secukupnya di wadah terpisah

Cara membuat:
1. Aduk semua bahan jadi satu hingga teksturnya kental.
2. "Kalau udah menggumpal, masukkin ke adonan tepung tapioka lagi. Aduk-aduk terus sampai nggak lengket," ujar Neng Aura.
3. Setelah adonan kalis, bisa dibulat-bulatkan sesuai selera. Kemudian masukkan keju ke tengah adonan cimol.
4. Masukkan cimol ke minyak banyak yang belum panas di atas kompor. "Apinya kecil aja, sampai dia panas sendiri, ini tuh biar ga meledak," katanya.
5. Goreng cimol sampai matang, ditandai dari warnanya yang agak kecokelatan. Angkat dan sajikan.

Baca Juga: Cimol Meledak Mirip Petasan, Ini Cara Bikin Cimol Anti Meledak

Resep Cimol Keju Anti Meledak Ini Gampang Dibuat!Resep Cimol Keju Anti Meledak Ini Gampang Dibuat! Foto: TikTok @auranixie

Neng Aura pilih menyajikannya dengan bumbu kaldu, bubuk cabai, dan bumbu BBQ. Hasilnya cimol kejupun terlihat menggugah selera.

Neng Aura bilang resep cimol keju buatannya mirip dengan yang dijual di kaki lima. Apalagi dimasukkan ke plastik dan dimasak dengan tusukan.

Netizen pun banyak yang tertarik dengan resep cimol ini. Mereka juga curhat pengalaman buruknya saat goreng cimol.

"Gue pernah masak cimol kayak perang, meledak semua," kata seorang netizen. "Aing udah tobat bikin cimol, terakhir bikin dapur berantakan parah, cimol meledak kemana-mana," sahut netizen lain.

Nah, kalau kamu tertarik mau bikin cimol anti meledak, resep cimol ini bisa jadi pilihan!

Baca Juga: Daripada Bosan, Mending Bikin Cimol Crispy Ala Netizen!



Simak Video "Nagih! Gurih Nasi Tiwul Goreng Khas Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com