Daripada Bosan, Mending Bikin Cimol Crispy Ala Netizen!

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 07 Apr 2020 17:00 WIB
Resep cimol crispy Foto: Twitter @indihomegoreng
Jakarta -

Resep sederhana cimol crispy ala netizen ini bisa kamu coba di rumah. Bahannya mudah didapat dan langkahnya mudah diikuti.

Cimol merupakan camilan tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka. Cimol pada dasarnya mirip dengan cireng namun bentuknya bulat. Jika cireng dicocol saus sambal atau kacang, cimol diberikan bubuk cabai atau bubuk perasa lainnya.

Camilan tradisional ini bisa kamu temui di penjual pinggir jalan atau biasanya dijajakan di depan sekolah. Namun saat masa social distancing seperti ini, penjual cimol susah sekali ditemui.

Resep cimol crispyResep cimol crispy Foto: Twitter @indihomegoreng

Baca Juga: Cilor dan Cimin, Jajanan SD Populer Berbahan Aci

Karena bahan-bahannya mudah ditemui dan langkahnya sangat mudah diikuti, kamu bisa membuat cimol sendiri. Daripada merasa bosan di rumah mending membuat buat camilan enak.

Seperti netizen Twitter dengan akun @indihomegoreng yang membagikan resep cimol crispy buatannya. Resep ini viral, buktinya sampai saat ini telah mendapatkan 32.300 likes dan 6.700 retweets.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. 250 gram tepung tapioka (bisa juga pakai tepung kanji)
2. Daun bawang, jika duka
3. Sosis (bisa kamu pakai jika ingin rasanya labih variatif)
4. Air panas mendidih secukupnya
5. Penyedap rasa, garam, dan merica bubuk

Resep cimol crispyResep cimol crispy Foto: Twitter @indihomegoreng

Langkah-langkah untuk membuatnya:

1. Taruh tepung tapioka 250 gram dalam wadah. Tambahkan irisan daun bawang, penyedap rasa, garam, dan merica bubuk. Aduk hingga tercampur rata.

2. Setelah itu masukkan air panas ke dalam wadah berisi tepung tadi. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil aduk secara perlahan hingga benar-benar rata. Ini agar menghasilkan cimol cripsy yang kopong dan empuk.

3. Uleni adonan cimol crispy tersebut menggunakan centong atau sendok. Jangan gunakan tangan karena sangat panas. Setelah itu diamkan dulu hingga dingin.

4. Setelah dingin barulah adonan cimol crispy diuleni sampai kalis. Kemudian bentuk adonan menjadi bola-bola sebesar kelerang. Bisa juga tambahkan sosis jika ada agar rasanya lebih variatif.

5. Taburi tepung tapioka agar tidak lengket saat digoreng. Untuk menggorengnya kamu perlu siapkan minyak banyak di dalam wajan dan gunakan api kecil saja.

6. Saat menggorengnya ada dua tahap. Tahap pertama, kamu harus aduk cimol crispy tersebut berulang kali. Sampai teksturnya berubah keras dan matang. Setelah itu tiriskan.

7. Tahap kedua, saat cimol ditiriskan matikan dulu apinya. Setelah itu masukkan ke dalam wajan dan nyalakan apinya. Lalu diaduk-aduk terus hingga mengeras dan matang.

8. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Cimol crispy pun sudah dapat dinikmati. Tambahkan pula bubuk cabai atau bubuk perasa seperti BBQ, keju, balado, dan lainnya tergantung seleramu. Bisa juga dicampurkan mie atau seblak.

Resep cimol crispyResep cimol crispy Foto: Twitter @indihomegoreng

Gimana foodies? Mudah kan? Yuk, dicoba!

Baca Juga: Raos Pisan! Cilok hingga Seblak, Jajanan Gurih Pedas yang Selalu Diburu



Simak Video "Perkenalkan, Resika Caesaria Sang Ratu Cimol Asal Banyumas!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)