Cimol Meledak Mirip Petasan, Ini Cara Bikin Cimol Anti Meledak

Devi Setya - detikFood Rabu, 13 Mei 2020 13:00 WIB
cilok meledak Foto: istimewa/doyanresep
Jakarta -

Ngemil cimol memang enak, cara membuatnya juga tidak sulit. Tapi kadang saat digoreng, cimol bisa meledak dan memuncratkan minyak panas.

Seorang netizen pengguna twitter @remotlysansedx membagikan pengalaman menggoreng cimol yang meledak. Bukan hanya mengerikan, ledakan cimol ini juga membuat dinding dapur seperti diguyur minyak panas.

Pengalaman menggoreng cimol yang meledak ini bukanlah kejadian pertama. Banyak netizen yang juga membagikan pengalaman serupa, bahkan ada yang cimolnya berhamburan hingga ke area lantai 2 rumahnya.

cilok meledakcilok meledak Foto: twitter/istimewa


Baca juga : Daripada Bosan, Mending Bikin Cimol Crispy Ala Netizen!


Salah satu penyebab cimol meledak saat digoreng adalah karena minyaknya terlalu panas. Adonan cimol yang bulat langsung 'kaget' saat menyentuh minyak panas. Alhasil, udara di dalam cimol membuat camilan ini mengeluarkan efek ledakan.

Padahal kalau proses pengolahan cimol dilakukan dengan benar, cimol tidak akan meledak. Berikut tips dan trik membuat cimol enak anti meledak.

1. Gunakan takaran bahan yang pas

cilok meledakcilok meledak Foto: twitter/istimewa


Bahan utama untuk membuat cimol adalah tepung tapioka dan air. Bahan pelengkapnya ada garam, bawang putih, daun bawang dan penyedap rasa. Semua bahan kering harus dicampur rata sebelum dituangi air.

Selain menggunakan 100 persen tepung tapioka, kamu juga bisa mencampur tepung terigu. Cimol tanpa terigu akan terasa lebih liat dan elastis sementara cimol dari campuran terigu memiliki tekstur lebih padat namun tetap empuk.

Baca juga : Cilor dan Cimin, Jajanan SD Populer Berbahan Aci


2. Proses pengadukan
Membuat cimol memang susah-susah gampang. Adonan cimol hanya bisa diolah dengan mencampur air panas, jadi pastikan kamu sudah merebus air hingga mendidih sebelum dituangkan ke adonan.

Tuang air panas sedikit demi sedikit hingga seluruh tepung terlihat basah. Jangan langsung diaduk, tunggu beberapa saat barulah aduk menggunakan centong atau sendok kayu. Aduk perlahan hingga adonan kalis.

Saat sudah suam kuku, baru uleni adonan hingga rata dan tidak lengket. Adonan ini kemudian siap dibentuk bulat-bulat.

3. Proses menggoreng

cilok meledakcilok meledak Foto: twitter/istimewa


Trik yang satu ini jarang diketahui orang. Menggoreng cimol tidak sama dengan menggoreng makanan lain yang harus dengan minyak panas. Cimol justru sebaliknya.

Masukkan cimol ke dalam minyak yang masih dingin. Masak menggunakan api kecil secara perlahan sambil diaduk terus hingga mengembang. Cilok yang sudah matang bisa langsung diangkat, ditiriskan dan diberi berbagai bumbu tabur untuk membuat rasanya makin nikmat.



Simak Video "Perkenalkan, Resika Caesaria Sang Ratu Cimol Asal Banyumas!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com