Viral Kecoa di J.Co, Makanan Dihinggapi Kecoa Apa Masih Aman Dimakan?

Devi Setya - detikFood Jumat, 06 Nov 2020 19:00 WIB
Makanan Dihinggapi Kecoa Apa Masih Aman Dimakan? Foto: Getty Images/iStockphoto/gan chaonan
Jakarta -

Baru saja beredar video yang menunjukkan kecoa hilir mudik di etalase salah satu gerai J.Co. Apakah makanan yang ditempeli kecoa masih aman dikonsumsi?

Seorang netizen pengguna TikTok merekam beberapa ekor kecoa hidup yang berkeliaran di etalase kaca tempat penyimpanan makanan. Sang pengunggah video bahkan mengatakan ada beberapa kecoa yang tampak di dekat area penyimpanan makanan.

Seperti yang kita ketahui, kecoa adalah serangga yang hidup di tempat kotor. Kecoa bisa saja mencemari makanan dan membuat makanan terkontaminasi kuman.

Makanan Dihinggapi Kecoa Apa Masih Aman Dimakan?dr. Cindy Pudjiadi SpGK/Foto : dokumentasi pribadi

Makanan yang dihinggapi kecoa atau berada di dekat kecoa sebaiknya dibuang dan tidak dikonsumsi karena bisa menimbulkan masalah kesehatan.

DetikFood menghubungi ahli gizi dr. Cindy Pudjiadi SpGK untuk mengetahui seberapa bahaya makanan yang dihinggapi kecoa.

"Kecoa jalan-jalan di berbagai tempat, nah ada kemungkinan kecoa jalan di tempat yang kotor, sehingga kuman-kuman yang berada di tempat tersebut bisa saja terbawa atau menempel dengan kecoa tersebut," kata dr. Cindy saat dihubungi lewat pesan singkat (6/11).

Lebih lanjut, ketika kecoa hinggap atau menempel di makanan maka kontaminasi kuman akan terjadi. Hal ini tentu saja akan memberi dampak buruk pada kesehatan.

"Makanan yang terkontaminasi kuman tersebut, bila dikonsumsi maka akan meningkatkan risiko bagi yang mengkonsumsi terkena penyakit," lanjut ahli gizi yang kini bertugas di RS. Medistra, CBC dan RS. Brawijaya Antasari ini.


Jika nekat menyantap makanan yang sudah terkontaminasi kuman dari kecoa, maka efeknya beragam mulai dari mual, muntah, diare dan demam. Gejala yang timbul ini beragam dan dipengaruhi oleh seberapa besar efek kontaminasi serta kondisi tubuh orang yang menyantap makanannya.

Makanan Dihinggapi Kecoa Apa Masih Aman Dimakan?Makanan Dihinggapi Kecoa Apa Masih Aman Dimakan? Foto: Getty Images/iStockphoto/gan chaonan

Satu-satunya solusi untuk menghindari paparan kuman dan bakteri dari kecoa ini adalah dengan membuang makanan tersebut. Karena bukan hanya kemungkinan meninggalkan jejak kuman, kecoa bisa saja bertelur di atas makanan.

Sebelumnya viral kasus kecoa dalam etalase makanan yang terjadi di salah satu gerai J.Co cabang Bali. Pihak J.Co sudah melakukan klarifikasi pada pelanggan tersebut dan berjanji akan memperbaiki sistem kebersihan di setiap outletnya.



Simak Video "Bikin Laper: Autentiknya Mie Sapi Pedas di Wo Ai Mie"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com