Begini Aturan Memanaskan Makanan Sisa di Microwave

Monika Perangin - detikFood Jumat, 06 Nov 2020 06:00 WIB
microwave tips Foto: Thinkstock/iStock
Jakarta -

Banyak orang terbiasa memanaskan makanan, tapi belum tahu aturannya. Seperti ini aturan memanaskan makanan sisa di microwave.

Dengan gaya hidup serba praktis di zaman sekarang, praktik memanaskan makanan jadi sangat jamak. Biasanya orang-orang membeli makanan matang atau instan, kemudian memanaskannya sendiri di rumah.

Kebanyakan menggunakan microwave untuk melakukan tugas itu. Untuk frekuensinya, beberapa orang beranggapan makanan sisa tak boleh dipanaskan lebih dari sekali di microwave, tapi ada juga yang meyakini boleh lebih dari sekali.

Memanaskan air dengan teko dan microwave microwave Foto: Getty Images/iStockphoto/MarianVejcik

Lalu seperti apa faktanya? Times of India (4/11) menjelaskan semua tergantung pada jenis makanan yang kamu punya. Meskipun kamu harus mengonsumsi makanan sisa dalam waktu 24 jam, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali karena bisa memicu masalah kesehatan.

Hal lain yang perlu kamu pastikan adalah cara menyimpan makanan sisa. Simpan dengan benar. Pastikan makanan itu dalam kondisi dingin sebelum masuk kulkas.

Pasalnya memasukkan makanan panas ke dalam kulkas dapat menimbulkan racun. Jumlah racun ini bahkan bisa meningkat ketika kamu memanaskan makanan tersebut.

Untuk praktik aman memanaskan makanan sisa, hindari hanya menggunakan waktu 1-2 menit saja. Durasi ini belum cukup untuk membunuh bakteri yang mungkin ada pada makanan.

amankah masak dengan microwaveamankah masak dengan microwave Foto: GettyImages

Sebaiknya panaskan makanan sampai kondisinya benar-benar panas. Suhu panas tidak hanya membunuh bakteri tapi juga membuat makanan sisa lebih aman dikonsumsi.

Kamu juga perlu tahu kalau tak semua makanan sisa aman dipanaskan kembali. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali karena nutrisi dalam makanan itu akan hilang dan bisa muncul risiko racun di dalamnya.

Beberapa makanan sisa yang tak boleh dipanaskan di microwave adalah kentang, daging matang, seafood, nasi, pasta, bit, jamur, telur, saus yang mengandung susu / krim dan produk kedelai.



Simak Video "Menyantap Tteokbokki hingga Cheese Ramyun Sambil Lesehan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com