Emas Aman Dimakan, Ini 5 Fakta Menarik 'Edible Gold'

Riska Fitria - detikFood Jumat, 06 Nov 2020 08:00 WIB
Emas Aman Dimakan, Ini 5 Fakta Menarik ‘Edible Gold’ Foto: Twisted UK
Jakarta -

Untuk membuat kesan mewah, banyak makanan dan minuman yang dihias dengan edible gold. Ternyata emas ini aman dikonsumsi.

Pernahkah kamu melihat makanan yang dilapisi emas? Mungkin banyak yang beranggapan bahwa itu hanya bahan makanan yang menyerupai emas.

Namun faktanya itu adalah emas asli yang dikenal dengan sebutan edible gold. Edible gold tersebut memang aman untuk dikonsumsi.

Meski begitu, jangan asal saat mengonsumsi edible gold. Perlu diperhatikan konsentrasi emas yang terkandung di dalamnya.

Berikut ini 5 fakta menarik tentang edible gold yang belum diketahui banyak orang.

1. Apa Itu Edible Gold

Emas Aman Dimakan, Ini 5 Fakta Menarik 'Edible Gold'Emas Aman Dimakan, Ini 5 Fakta Menarik 'Edible Gold' Foto: iStock

Edible gold adalah emas murni yang tidak berbahaya dikonsumsi. Disebut edible, karena jenis emas ini tidak mengandung racun dan tidak diserap oleh tubuh.

Bentuknya berbagai macam. Ada yang berupa bubuk, pecahan-pecahan, ataupun lembaran. Biasanya edible gold digunakan untuk menghias makanan dan minuman.

Dengan mencampurkan edible gold akan membuat makanan dan minuman menjadi lebih mewah. Harga yang ditawarkan untuk makanan yang menggunakan edible gold juga terbilang fantastis.

Baca Juga : Wow! Tanboy Kun Pamer Makan Oreo Supreme Berlapis Emas 24 Karat

2. Jenis-jenis Edible Gold

Emas Aman Dimakan, Ini 5 Fakta Menarik 'Edible Gold'Emas Aman Dimakan, Ini 5 Fakta Menarik 'Edible Gold' Foto: iStock

Edible gold memiliki tiga jenis. Pertama ada edible gold leaf, yaitu lembaran emas yang tipis. Jenis emas ini dapat diaplikasikan dengan mudah, karena tinggal ditempel.

Kemudian adan edible gold flakes. Jenis edible gold ini berupa pecahan-pecahan. Biasanya chef akan menggunakan pinset untuk menaruh jenis emas ini pada makanan.

Terakhir ada edible gold dust, yaitu jenis emas yang berbentuk bubuk. Untuk mengaplikasikan jenis emas ini biasanya menggunakan brush khusus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Viral Jajanan Korea Serba Rp 10 Ribuan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com