Cara Meracik Mochaccino Seenak Buatan Kafe

Odilia WS - detikFood Kamis, 05 Nov 2020 06:00 WIB
Cara meracik mochaccino. Foto: iStock
Jakarta -

Selain cappuccino, mochaccino merupakan minuman favorit kafe untuk mulai hari. Kamu juga bisa meracik sendiri mochaccinoo seenak buatan kafe.

Kopi populer sebagai minuman yang bikin melek di pagi hari. Banyak pilihan racikan kopi yang populer di dunia. Salah satunya adalah mochaccino yang digemari penggemar cokelat dan kopi.

Beberapa orang menyebut menikmati mochacchino atau mocha seperti minum dessert di pagi hari. Menghangatkan perut sekaligus memberi sensasi manis yang enak di lidah.

Kalau kamu tak punya mesin espresso kamu tetap bisa meracik mochaccino sendiri di rumah. Cukup memakai cara manual dengan alat dan bahan sederhana yang ada di rumah. Soal rasa bisa disesuaikan dengan selera.

Apa Itu Mochaccino?

Mochaccino tau mocha sebenarnya adalah racikan dari latte dengan cokelat. Atau bahasa awamnya kopi susu ditambah cokelat.

Racikan ini umumnya terdiri dari 1 shot (30 ml) espresso, susu panas yang dikocok, dan cokelat. Cokelatnya bisa dipakai sirop cokelat, cokelat bubuk, cokelat batangan dan cokelat lainnya sesuai selera.

Khusus untuk jenis kopi, sangat disarankan memakai biji kopi Arabica. Kopi ini kurang pahitnya dan bisa mendukung rasa cokelat menjadi lebih enak. Meski memakai cokelat, mochaccino tidak boleh terlalu manis.

Cara meracik mochaccino.Cara meracik mochaccino. Foto: iStock

Membuat Mochaccino yang Enak

Meskipun memakai bahan sederhana, susu cair, kopi dan cokelat meracik mocha perlu juga mencermati beberapa hal ini.

1. Mulailah menyiapkan air kopi dengan cara penyeduhan yang kamu sukai, pakai manual (moka pot, french press) atau pakai mesin.
2. Pilih cokelat yang berkualitas. Jika memakai sirop cokelat bisa langsung ditambahkan atau diaduk. Bisa juga memakai cokelat batangan dan jika memakai cokelat bubuk jangan lupa tambahkan sedikit gula.
3. Selanjutnya tinggal menambahkan susu. Susu hangat bisa langsung dituang. Atau kocok susu panas dengan pengocok susu atau blender hingga sedikit berbuih. Jika tak ada gunakan stoples kaca bertutup dan kocok sebentar.
4. Tuangkan susu ke dalam campuran kopi dan cokelat.
5. Tambahkan whipped cream dan cokelat bubuk jika suka rasa creamy yang kuat.

Berikut ini resep membuat mochaccino tanpa mesin.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Empuknya Soto Daging Sapi Gebrak di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com