Seduh Kopi Bersama Kunyit Agar Jadi Minuman Tinggi Antioksidan

Devi Setya - detikFood Rabu, 04 Nov 2020 05:00 WIB
Seduh Kopi Bersama Kunyit Agar Jadi Minuman Tinggi Antioksidan Foto: Getty Images/iStockphoto/Almaje
Jakarta -

Kopi campur kayu manis atau jahe sudah biasa, bagaimana dengan kopi campur kunyit? Minuman ini mengandung antioksidan yang tinggi.


Kopi dan kunyit memiliki khasiat masing-masing yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Tapi jika keduanya digabungkan, maka akan memberi dampak lebih baik bagi kesehatan.

Dalam unggahan instagram dr. Zaidul Akbar, pakar obat herbal ini bahkan menyarankan untuk konsumsi kopi dan kunyit sekaligus. Ketika digabungkan, maka kopi dan kunyit akan menghasilkan senyawa organik asam caffeic atau asam kafeat.

Dokter yang dikenal dengan terapi 'Jurus Sehat Rasulullah' ini menjelaskan kalau asam caffeic merupakan senyawa organik dan antioksidan kuat. Senyawa ini dapat ditemukan secara alami di berbagai macam tumbuhan.

Dr. Zaidul Akbar menyebut, beberapa tumbuhan yang mengandung asam caffeic adalah kopi dan kunyit. Secara garis besar, kandungan antioksidan dalam asam caffeic ampuh meredakan peradangan, anti kanker dan anti virus.

Berikut penjelasan kopi kunyit dan kandungan asam caffeic di dalamnya.

1. Asam caffeic dikenal sebagai antioksidan

"Asam caffeic adalah sejenis polifenol, kelas mikronutrien yang dikenal karena sifat antioksidannya. Nutrisi tersebut diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya kemampuan antiradang, antikanker, dan antivirus," tulis Zaidul Akbar dalam unggahan instaramnya beberapa waktu lalu.

Senyawa ini dapat membantu meningkatkan kinerja atlet dan dianggap penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Selain bersifat antioksidan, asam caffeic juga memiliki sifat antiradang. Sifat antioksidan dan antiradang tersebut membuat asam kafeat menjadi nutrisi yang cukup populer di kalangan ahli gizi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com