Sluurrp! Kulit Buah Naga Bisa Diolah Jadi Minuman Jelly

Devi Setya - detikFood Selasa, 03 Nov 2020 08:00 WIB
Kulit Buah Naga Bisa Diolah Jadi Minuman Jelly Foto: instagram Hungry Fever
Jakarta -

Kalau makan buah naga, pasti bagian kulitnya akan dikupas. Jangan dibuang karena kulit buah naga bisa diolah jadi minuman jelly yang enak.

Dengan mengandalkan kulit buah naga, kamu bisa membuat jelly dengan warna merah alami. Video ini dibuat oleh Hungry Fever dan berhasil mendapat banyak perhatian netizen yang penasaran dengan rasanya.

Dalam video ini menampilkan tutorial cara membuat minuman puding jelly. Uniknya, untuk membuat jelly ini menggunakan kulit buah naga. Bahan dan proses pembuatannya juga sangat mudah jadi siapapun bisa meraciknya di rumah.

Kulit Buah Naga Bisa Diolah Jadi Minuman JellyKulit Buah Naga Bisa Diolah Jadi Minuman Jelly Foto: instagram Hungry Fever

Bahan yang kamu butuhkan adalah kulit buah naga merah tanpa daging, air, gula pasir, bubuk jelly dan susu segar. Sebelum mulai dimasak, pastikan kulit buah naga sudah dicuci hingga bersih.


Rebus kulit buah naga hingga airnya mendidih dan berwarna merah cerah. Kemudian saring bagian kulitnya hingga menyisakan air saja. Tambahkan gula dan bubuk jelly, masak sambil diaduk hingga kembali mendidih.

Tuang adonan jelly kulit buah naga ini ke dalam gelas, biarkan hingga agak mengeras lalu tusuk-tusuk dengan sedotan supaya terpotong menjadi ukuran kecil.

Selanjutnya, tuang susu segar. Minuman jelly pun siap dinikmati segera. Kalau mau lebih nikmat, kamu bisa menyajikannya dingin dengan tambahan es batu.

Kulit buah naga selama ini memang belum banyak dimanfaatkan. Untuk dimakan pun rasanya kurang enak karena hambar dan teksturnya tebal berlendir. Padahal dalam kulit buah naga terkandung nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Healthline (2/11) kulit buah naga mengandung antioksidan anthocyanin yang bisa menangkal radikal bebas. Kulit buah naga juga membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah dan membantu melenturkan pembuluh darah.

Kulit Buah Naga Bisa Diolah Jadi Minuman JellyKulit Buah Naga Bisa Diolah Jadi Minuman Jelly Foto: instagram Hungry Fever

Sama seperti bagian daging buahnya, kulit buah naga juga mengandung fitoalbumin yang berkombinasi dengan vitamin C dan mineral lain. Kombinasi ini bisa membantu mencegah segala jenis penyakit kanker, seperti kanker darah, payudara, paru-paru, liver, dan sebagainya.

Beberapa perusahaan juga sudah membuat pewarna makanan yang berasal dari kulit buah naga. Jadi kulit buah naga yang berwarna merah cerah ini bukan hanya cantik tapi juga bisa diolah menjadi makanan yang kaya nutrisi.



Simak Video "Menyulap Buah Naga Jadi Soto Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com