Kuliner Bogor Ikonik & Legendaris

Kepincut Enaknya Toge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden Jokowi

Devi Setya - detikFood Sabtu, 31 Okt 2020 11:00 WIB
Toge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden Jokowi Foto: Devi S. Lestari/detikFood

2. Ciri khas toge goreng Hj. Omah

Toge goreng Bogor khususnya racikan Hj. Omah ini berbeda dengan toge goreng khas Betawi. Di sini toge goreng diguyur dengan kuah tauco yang warnanya kemerahan.

Seporsi toge goreng disajikan dengan isian ketupat, mie basah kuning, tahu dan tauge yang direbus sebentar hingga layu. Untuk memanaskan toge, Hj. Omah menggunakan tungku berbahan bakar kayu.

3. Tauco dibuat sendiri

Toge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden JokowiToge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden Jokowi Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Rasa dominan dari toge goreng ini berasal dari bumbu tauco. Bumbu berwarna cokelat agak merah ini diracik dengan tauco buatan sendiri sehingga rasanya tak bisa dijumpai di tempat lain.

Tauco yang dibuat dari fermentasi kacang kedelai ini punya rasa asin gurih sedikit manis. Setelah diguyur tauco, H. Muchtar menambahkan kecap manis sebagai penambah rasa.

4. Dibungkus dengan daun patat

Toge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden JokowiToge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden Jokowi Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Selain banyak yang makan toge goreng langsung di kedai ini, Hj. Omah juga menyediakan toge goreng yang bisa dibawa pulang. Toge goreng bungkus ini dikemas menggunakan daun patat.

Daun ini dipilih karena ukurannya pas serta memiliki tekstur lebih lentur dibanding daun pisang. "Daun pisang kegedean, kalau ini (daun patat) pas, bisa dilipat juga," kata H. Muchtar.

Daun ini kemudian direkatkan dengan tali yang terbuat dari bambu. Selain unik, daun patat juga memberikan aroma khas pada toge goreng juga membuat toge goreng tak cepat basi.

5. Langganan Presiden Jokowi

Toge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden JokowiToge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden Jokowi Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Bukan hanya warga Bogor yang kepincut enaknya toge goreng ini, bahkan Presiden Jokowi pun jadi ketagihan. Tak tanggung-tanggung, toge goreng Hj. Omah pernah beberapa kali diundang ke istana Bogor.

Bukan hanya Presiden Jokowi, sejak masa kepemimpinan Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono juga toge goreng Hj. Omah kerap menjamu tamu istana. Kualitas rasa yang dihadirkan Hj. Omah ini menjadi bukti kalau rasa toge gorengnya memang juara.

Tergoda menjajalnya? Datang saja ke Jalan Jendral Sudirman No. 23. Seporsi toge goreng dibanderol Rp 18 ribu. Tapi usahakan datang pagi hingga siang hari ya karena toge goreng biasanya habis lepas jam makan siang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pedas Manis Toge Goreng Saus Tauco Hj Omah"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com