Kuliner Bogor Ikonik & Legendaris

Kepincut Enaknya Toge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden Jokowi

Devi Setya - detikFood Sabtu, 31 Okt 2020 11:00 WIB
Toge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden Jokowi Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Bogor -

Hj. Omah punya resep toge goreng khas Bogor yang sudah melegenda. Rasanya manis gurih diracik dengan tauco buatan sendiri. Sedep pisan!

Kalau mencari toge goreng khas Bogor yang mantul, kamu wajib menyambangi kedai Hj. Omah di bilangan Bogor Permai (Boper). Lidah dijamin langsung kepincut enaknya toge goreng yang punya rasa klasik namun ngangeni.

Hj. Omah sendiri merupakan generasi kedua yang diwariskan usaha toge goreng dari orangtuanya. Kini kesibukan di kios Hj. Omah didominasi sang anak yang tak lain adalah generasi ketiga dari usaha toge goreng.

Kepada detikFood (28/10) H. Muchtar dan putranya membagikan cerita soal perjalanan toge goreng Hj. Omah yang tetap eksis puluhan tahun.

1. Sejak 1970-an

Toge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden JokowiToge Goreng Hj. Omah Favoritnya Presiden Jokowi Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Toge goreng Hj. Omah disebut-sebut sudah ada sejak tahun 1970-an namun tidak dapat dipastikan tahun lengkapnya. Yang berjualan kala itu adalah ayah dan ibu Hj. Omah.

Seperti kebanyakan penjual makanan tradisional lain, ayah Hj. Omah berjualan keliling kampung. Sesekali juga mangkal di dekat kantor PLN Bogor untuk menunggu pembeli.

Namun lambat laun area PLN Bogor mengalami pembangunan yang pesat, hingga akhirnya ayah Hj. Omah terpaksa bergeser ke area pinggir agar leluasa berjualan. Lama kelamaan akhirnya ia berjualan di area Bogor Permai sebelum akhirnya dilanjutkan Hj. Omah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pedas Manis Toge Goreng Saus Tauco Hj Omah"
[Gambas:Video 20detik]