5 Cara Membuat Minuman Lemon untuk Kesehatan yang Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 31 Okt 2020 05:00 WIB
Ibu Hamil Minum Lemon Foto: iStock
Jakarta -

Cara membuat minuman lemon tidak sulit. Anda dapat memadukan dengan beberapa bahan lain agar rasa minuman ini lebih enak dan menambah manfaatnya.

Para ahli kesehatan menyebutkan minum air lemon setiap hari sangat baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan lemon atau buah citrus mengandung tinggi antioksidan, vitamin B, vitamin C, flavonoid, fosfor, potasium dan karbohidrat.

Selain itu, air lemon juga mengandung antibakteri, antiviral dan baik untuk menjaga sistem imun.

Dilansir dalam Healthy Life Tricks (24/11), minum 1 cup atau 236 ml air lemon bisa memenuhi sekitar 187 persen asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Untuk meracik minuman lemon, Purewow (05/02) memberikan memberapa tips untuk Anda. Pilihlah buah lemon yang segar. Hindari memilih lemon yang keras karena mungkin lemon tersebut belum cukup matang. Gulingkan sambil tekan lemon di atas talenan sebelum diiris agar airnya bisa keluar secara optimal saat diperas.

Menurut ahli gizi Wendy Leonard, sebaiknya racik lemon dengan air bersuhu ruang untuk memastikan penyerapan dan pemanfaatan fitonutrien dan vitamin yang terbaik.

Berikut beberapa cara membuat minuman lemon dengan sereh hingga bunga telang:

1. Cara membuat minuman lemon sereh

Ha Ji Won Makan Lemon Biar Awet MudaHa Ji Won Makan Lemon Biar Awet Muda Foto: Getty Images/Ist


Lemon dan sereh menjadi kolaborasi yang apik. Tidak hanya mengeluarkan aroma yang unik, sereh juga dapat menurunkan gejala flu seperti demam hingga hidung tersumbat.

Cara membuat minuman lemon sereh bisa menyiapkan setengah buah lemon, 1 sdm madu, 1 batang sereh yang digeprek dan 250 ml air hangat. Campurkan air hangat dengan sereh, madu dan perasam air lemon. Tunggu beberapa menit hingga dingin dan nikmati dengan es batu.

2. Cara membuat minuman lemon madu

khasiat lemon dan madukhasiat lemon dan madu Foto: Detikfood


Lemon mengandung tinggi vitamin C sedangkan madu dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh sehingga baik dikonsumsi setiap hari.

Cara membuat minuman lemon madu sangat mudah. Racikan lemon dan madu yang hangat juga bisa mengatasi gejala flu ringan ataupun sakit tenggorokan.

Cara membuatnya adalah peras setengah buah lemon, ambil airnya dan tambahkan 1 sdm madu dan tambahkan dengan segelas air hangat.

3. Cara membuat minuman lemon tea

A glass cup of tea with lemon, mint, ginger and honey on wooden rustic table.A glass cup of tea with lemon, mint, ginger and honey on wooden rustic table. Foto: iStock


Menikmati teh semakin enak jika diberi tambahan rasa sehingga jadi manis dan segar. Cara membuat minuman lemon dan teh Anda perlu menyiapkan 1 kantung teh seduh, 1 buah lemon, madu dan air hangat.

Saat udara dingin, paling pas menyedah lemon dan teh dengan air hangat. Tetapi saat cuaca panas Anda bisa menambahkannya dengan es batu. Jangan lupa tambahkan irisan buah lemon agar rasanya makin segar.

4. Cara membuat minuman lemon bunga telang

bunga telangbunga telang Foto: iStock


Teh yang dibuat dari bunga telang (butterfly pea) yang dicampur dengan lemon akan menghasilkan warna biru muda, biru tua hingga violet.

Cara membuat minuman lemon bunga telang adalah dengan 5 sdt teh bunga telang yang diseduh dalam cangkir berukuran 250 ml dan diseduh dengan air mendidih selama 4-15 menit. Lalu dikucuri dengan air perasan dari setengah buah lemon dan tambahkan gula secukupnya.

5. Cara membuat minuman lemon dan jahe

lemon tea on wooden tablelemon tea on wooden table Foto: iStock


Lemon dan jahe juga sangat pas jika dicampurkan. Apalagi ditambahkan dengan beberapa rempah seperti kayu manis dan jahe, tentu rasanya akan semakin nikmat dan manfaatnya sangat besar.

Cara membuat minuman lemon dan jahe bisa dengan 50 gram jahe, 1 batang kayu manis, 1 buah lemon, 2 sdm madu dan 2 gelas air. Rebus jahe dan kayu manis hingga mendidih. Saring dalam gelas dan tambahkan dengan 2 sdm madu kemudian tambahkan air perasan lemon.



Simak Video "Kreasi Cantik Ayam Geprek dan Nasi Gurih Bunga Telang"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)