Minuman Limun Jadul Asli Indonesia yang Menyegarkan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 15 Okt 2020 17:30 WIB
Minuman Limun Jadul Asli Indonesia yang Menyegarkan Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Minuman limun adalah minuman zaman dulu (jadul) yang rasanya bikin kangen. Dikemas dalam botol kaca mirip soda, ini keistimewaannya.

Rasa minuman jadul memang sederhana dan tampilannya cenderung klasik, namun hal inilah yang membuat banyak orang kangen. Contohnya minuman limun yang hits di Indonesia tahun 1980 hingga 1990an.

Limun sebenarnya adalah 'lemonade' dalam bahasa Inggris. Minuman ini banyak tersebar di dunia dengan karakteristik paling umum adalah minuman rasa lemon.

Di Indonesia, minuman limun sendiri punya banyak penggemar. Limun kerap disamakan dengan minuman soda. Ciri khasnya dikemas dalam botol kaca dengan varian rasa manis menyegarkan.

Sebenarnya apa itu minuman limun jadul? Apa saja mereknya yang terkenal? Berikut detikFood (15/10) merangkum fakta soal minuman limun:

1. Minuman limun jadul tak melulu rasa lemon

Minuman Limun Jadul Asli Indonesia yang MenyegarkanMinuman Limun Jadul Asli Indonesia yang Menyegarkan Foto: Instagram @limoenjadoel

Meski limun identik dengan lemon, namun minuman limun jadul di Indonesia tak melulu rasa lemon. Ada yang rasanya kopi, jeruk, anggur, nanas, sirsak, hingga moka.

Minuman limun jadul umumnya dibuat dari asam sitrat, air, sari buah, gula, air soda, dan karbondioksida sebagai bahan utamanya. Penambahan karbondioksida membuat minuman ini berbuih layaknya minuman soda.

Minuman limun kemudian dikemas dalam botol-botol kaca yang tutupnya rapat. Untuk harga jualnya, dulu sekitar Rp 300 sampai Rp 500 saja per botol.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]