Begini Cara Menentukan Harga Jual Kue untuk Bisnis ala Thomaz Law

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 30 Okt 2020 15:30 WIB
Thomaz Law, King of Marmer Cake yang Jatuh Cinta Pada Kue Klasik Indonesia Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Bagi penjual kue apalagi pemula kerap kebingungan dalam menentukan harga jual kue. Berikut tips penting yang dibagikan baker Thomaz Law.

Sekarang ini banyak penjual kue yang muncul karena berawal dari hobi mereka membuatnya. Namun karena mereka tergolong pemula, banyak yang bingung dalam menentukan harga jual produk kuenya.

Ada yang melihat dari harga kue penjual lain, namun ada juga yang menentukan harga sembarangan tanpa memikirkan modal dan lainnya.

Cara Menentukan Harga Jual Kue dari Thomaz LawCara Menentukan Harga Jual Kue dari Thomaz Law Foto: Instagram @lawthomaz

Menurut Thomaz Law, baker muda yang telah sukses menjalankan bisnis kue klasik, sebenarnya tak sulit dalam menentukan harga jual kue. Kuncinya hanya satu menurut Thomaz Law, yaitu jangan ingin tahu harga jual kue milik orang lain.

Baca Juga: Thomaz Law, 'King of Marmer Cake' yang Jatuh Cinta pada Kue Klasik Indonesia

"Jangan pernah mau tahu harga kue orang lain, kita sebagai penjual. Karena ketika kita kepengin tahu harga kue orang lain, itu akan menjadi mindset di otak kita," ujar Thomaz Law lewat Instagram pribadinya @lawthomaz (29/10).

Resep Marmer Caker Super Lembut Ala Thomaz LawResep Marmer Caker Super Lembut Ala Thomaz Law Foto: dok. detikFood

Thomaz Law juga menjelaskan kalau hal tersebut sudah menjadi mindset, maka nantinya harga tersebut yang jadi patokan saat menentukan harga jual yang kita pakai. Padahal seharusnya harga jual kue tersebut bisa ditentukan sendiri sesuai dengan modal yang kita gunakan.

Pada prinsipnya, penjual kue sebenarnya bebas menentukan harga. Menurut Thomaz Law 'King of Marmer Cake', selama kue tersebut layak dijual bisa diberikan harga berapapun itu.

"Kue yang udah kamu bikin itu hasil karya kamu. Dan pantes sepantes-pantesnya kamu mau jual berapa. Mau kamu jual setinggi apapun selagi masih ada yang beli jalanin," lanjutnya.

Sebagai contoh kamu mengetahui harga marmer cake yang dijual Thomaz Law adalah Rp 200 ribu. Namun setelah melihat resepnya, ternyata modal yang digunakan Thomaz Law berkisar di Rp 140 ribu dengan keuntungan Rp 60.000.

Thomaz Law, 'King of Marmer Cake' yang Jatuh Cinta Pada Kue Klasik IndonesiaThomaz Law, 'King of Marmer Cake' yang Jatuh Cinta Pada Kue Klasik Indonesia Foto: dok. detikFood

Saat kamu mengikuti skema harga tersebut dimana harga jual kue orang lain, maka kamu nantinya tidak akan mendapatkan keuntungan. Karena setiap orang memiliki modal dan keuntungan yang berbeda.

Jadi, yang harus kamu lakukan adalah hitung sendiri modal awal dan tenaga yang kamu gunakan saat proses pengerjaan. Setelah itu barulah kamu bisa menentukan harga kue untuk dijual.

Baca Juga: Resep Marmer Cake Super Lembut ala Thomaz Law



Simak Video "Cerita Chef Thomaz Law yang Kini Geluti Kue Klasik Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)