Kalau Asal Minum, Teh Hijau Bisa Sebabkan Masalah Pencernaan

Devi Setya - detikFood Jumat, 30 Okt 2020 05:00 WIB
Teh Hijau Bisa Sebabkan Masalah Pencernaan Foto: Getty Images/Eva-Katalin
Jakarta -

Teh hijau sangat populer di kalangan pelaku diet. Tapi ternyata ada juga dampak buruk teh hijau jika diminum setelah makan berat.

Teh hijau secara alami mengandung antioksidan dan polifenol tinggi. Dua zat ini secara efektif bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Para pelaku diet juga memilih rutin mengonsumsi teh hijau karena turut andil menurunkan berat badan. Aroma dan rasanya yang lembut bahkan membuat teh hijau kerap dijadikan pengusir stres dan membuat pikiran rileks.

Minum Teh Hijau dan Kopi Bisa Turunkan Risiko Kematian Penderita DiabetesTeh Hijau Bisa Sebabkan Masalah Pencernaan Foto: iStock

Tapi ternyata teh hijau juga bisa menyebabkan masalah pencernaan kalau tidak dikonsumsi dengan baik. Salah satu waktu yang dilarang untuk konsumsi teh hijau adalah ketika usai makan makanan berat.

Dilansir dari Times of India (30/10) beberapa orang menikmati teh hijau usai makan berat. Tujuannya agar kandungan nutrisi pada teh hijau bisa langsung membuat lemak luntur sehingga dampaknya bisa cepat menurunkan berat badan.

Hal ini salah besar, karena teh hijau justru tidak disarankan untuk diminum usai makan berat. Minum teh setelah makan bisa berakibat buruk karena dapat menghambat penyerapan nutrisi penting dalam sistem pencernaan.

Memang benar antioksidan dan polifenol yang ada dalam teh hijau dapat membantu proses pencernaan. Namun jika diminum setelah makan nutrisinya tidak akan terserap dengan maksimal

Kandungan tanin dan kafein dalam teh hijau justru akan menjadi penghalang yang mengganggu proses pencernaan. Teh hijau juga membuat cairan dalam sistem pencernaan semakin encer sehingga tak jarang justru membuat sakit perut.

Lalu kapan waktu terbaik minum teh hijau?

Kamu bisa menikmati secangkir teh hijau hangat di pagi hari ketika perut masih kosong. Atau nikmati teh hijau sekitar 30-45 menit setelah selesai makan.

Teh Hijau Bisa Sebabkan Masalah PencernaanTeh Hijau Bisa Sebabkan Masalah Pencernaan Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Para ahli mengatakan, waktu terbaik minum teh hijau untuk mendapatkan manfaat yang maksimal adalah dua jam sebelum atau sesudah makan. Dengan ini, kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dan nutrisi teh hijau bisa terserap dengan baik.

Teh hijau sering dikaitkan sebagai bahan herbal untuk membantu menurunkan berat badan, tetapi minuman ajaib ini sebenarnya juga bermanfaat dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Seperti diabetes tipe 2, kanker, peradangan, masalah kesehatan gigi hingga stres bisa dicegah dengan rutin minum teh hijau.



Simak Video "Rekomendasi Sambal buat Kamu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)