5 Makanan Khas NTT yang Berupa Camilan Enak di Pulau Komodo

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 26 Okt 2020 15:00 WIB
5 Makanan Khas NTT yang Berupa Camilan Enak di Pulau Komodo Foto: iStock
Jakarta -

Pulau Komodo kini kembali dikunjungi turis. Pulau eksotis ini menawarkan banyak makanan khas NTT yang enak. Seperti lima camilan enak ini.

Komodo tengah jadi sorotan karena foto seekor komodo berhadapan dengan truk viral di media sosial. Banyak orang merasa miris dengan masuknya truk ke dalam kawasan konservasi alam.

Baca Juga: Ngenes! Komodo Vs Truk Proyek di Taman Nasional

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pun memberi penjelasan. Pihaknya mengatakan saat ini memang tengah dilakukan pembangunan di sana, namun semuanya dilakukan dengan prinsip kehati-hatian.

Membicarakan Pulau Komodo tak hanya soal alamnya yang eksotis saja, tapi juga makanan khas NTT yang ada di Labuan Bajo yaitu pelabuhan kecil di ujung barat Pulau Flores yang merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo.

Selain makanan berat, Labuan Bajo juga punya beragam camilan enak dan unik yang cocok dijadikan oleh-oleh. Mulai dari roti kompiang hingga rebok.

Berikut 5 makanan khas NTT berupa camilan yang populer dari Pulau Komodo:

1. Roti Kompiang

5 Makanan Khas NTT yang Berupa Camilan Enak di Pulau Komodo5 Makanan Khas NTT yang Berupa Camilan Enak di Pulau Komodo Foto: Instagram jelajahtimur_

Roti kompiang atau kompiang longa adalah makanan khas NTT populer dari Pulau Komodo. Nama 'longa' dalam bahasa Manggarai Flores berarti 'wijen'.

Hal ini menandakan ciri khas roti kompiang dimana bagian atasnya diberi banyak taburan wijen. Untuk rotinya sendiri, berbentuk bulat atau oval dengan tekstur agak keras.

Konon roti kompiang dulunya merupakan bekal populer para tentara. Di bagian tengahnya ada lubang kecil sehingga roti ini bisa dirangkai dan dikalungkan di leher. Dengan begini tentara akan mudah makan roti kapanpun dan dimanapun.

Hanya saja beberapa roti kompiang kini sudah tidak memiliki lubang kecil di tengahnya. Roti ini banyak dijual di toko oleh-oleh di Labuan Bajo. Harganya mulai dari Rp 1.000 saja per buah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3