Martabak Manis & Gurih

Resep Martabak Manis Mini Anti Gagal

Devi Setya - detikFood Sabtu, 24 Okt 2020 09:00 WIB
Yuk Bikin Sendiri Martabak Manis Mini Anti Gagal Foto: Getty Images/iStockphoto/Riki Risnandar
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
Jakarta -

Martabak manis gampang dibuat dan enak jadi camilan di rumah. Kamu bisa bikin martabak mini yang praktis anti gagal.

Mumpung akhir pekan dan keluarga kumpul di rumah, bikin martabak manis mini yang empuk dan enak. Kamu bisa memberikan aneka topping sesuai selera.

Untuk membuat adonan martabak manis memang membutuhkan trik khusus. Jika salah resep atau salah teknik mencampur, maka adonan martabak akan jadi keras, padat atau bantat dan tidak berongga atau bersarang.

Berikut ini beberapa tips dan trik membuat martabak manis mini anti gagal. Kamu bisa membuatnya bareng si kecil.

1. Tambahkan soda kue

Spoonful of baking soda and glass of water Yuk Bikin Sendiri Martabak Manis Mini Anti Gagal Foto: iStock

Untuk membuat adonan martabak manis yang empuk dan bersarang memang susah-susah gampang. Adonan akan membentuk pori dan bersarang ketika ada gelembung udara yang terjebak dalam adonan.

ntuk menghasilkan gelembung kecil dalam adonan ini kamu perlu menambahkan bahan pengembang seperti baking powder ataupun ragi. Setelah ditambahkan bahan pengembang ini, istirahatkan adonan hingga muncul gelembung-gelembung kecil.

Setelah adonan siap, barulah bisa dimasak. Dengan cara ini kamu akan mendapatkan adonan martabak manis yang lembut dan berongga.

2. Gunakan wajan anti lengket


Jangan khawatir jika tidak punya wajan khusus martabak. Kamu bisa mengandalkan wajan anti lengket yang ukurannya kecil., 16-18 cm.

Pastikan wajan ini punya struktur yang kuat. Dengan wajan anti lengket, kamu tak perlu khawatir adonan martabak akan menempel di permukaan wajan.

Permukaannya juga mulus mirip martabak manis buatan penjual martabak. Kamu juga bisa menggunakan cetakan martabak mini yang banyak dijual di pasaran.

3. Gunakan api kecil

Saat memasak martabak manis, gunakan api kecil agar adonan bisa matang merata secara perlahan. Sebelum menuangkan adonan, pastikan wajan sudah dalam keadaan panas benar dan berdesis jika dituangi adonan. Ini agar terbentuk gelembung kecil di adonan.

Manfaatkan penutup wajan agar martabak mendapat suhu dari uap panas yang berputar. Kecilkan api. Diamkan adonan sampai menghasilkan rongga, lalu beri olesan mentega dan gula lalu lanjutkan masak hingga benar-benar matang.

4. Beri topping sesuai selera

Yuk Bikin Sendiri Martabak Manis Mini Anti GagalYuk Bikin Sendiri Martabak Manis Mini Anti Gagal Foto: Getty Images/iStockphoto/Riki Risnandar


Adonan martabak yang sudah matang bisa langsung diangkat untuk diberikan topping. Selalu cek bagian bawah martabak agar tidak terlalu matang dan gosong.

Beberapa jenis topping bisa ditambahkan setelah martabak matang. Kamu bisa menaburkan kacang tanah cincang, meises cokelat atau keju dan susu. Topping kekinian juga pas disandingkan sebagai pelengkap martabak mini.

Martabak mini bisa dibuat dalam berbagai varian rasa kekinian seperti greentea, nutella, ovomaltine ataupun topping manis kesukaan si kecil.

5. Resep martabak manis Nutella

Kamu bisa mengandalkan resep martabak manis ini untuk dicoba di rumah. Untuk toppingnya bisa disesuaikan dengan selera.

Bahan
250 gram tepung serba guna
400 ml susu cair
1 butir telur
40 gram gula pasir
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue
2 sdm air
Topping:
mentega
nutella
almond panggang


Cara membuat:
1.Campurkan tepung terigu, baking powder, gula, susu, dan telur hingga tercampur rata dan gula larut.

2. Tutup adonan menggunakan kain basah / plastic wrap dan diamkan pada suhu ruang selama satu jam. Larutkan soda kue dengan 2 sdm air, lalu campur ke dalam adonan yang telah didiamkan tadi.

3. Panaskan wajan anti lengket untuk memanggang martabak manis hingga benar-benar panas.

4. Olesi permukaannya dengan mentega/margarin. Tuangkan adonan martabak dan ratakan dengan menggunakan sendok sayur atau spatula hingga keliling wajan terkena adonan.

5. Masak hingga bagian pinggirnya mengering dan berwarna kecokelatan lalu angkat.

6. Selagi panas, olesi dengan mentega, gula dan nutella. Sajikan martabak selagi hangat.



Simak Video "Masak Masak: Resep Martabak Burger dari Kulit Lumpia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com