Martabak Manis & Gurih

5 Martabak Jadul yang Bikin Kangen, Isi Ketan Hitam hingga Bihun

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 15:00 WIB
Martabak  Jadul yang Bikin Kangen Foto: Instagram @belalang.kecil
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
Jakarta -

Tak hanya yang kekinian, martabak jadul juga banyak dicari penggemarnya. Ini karena rasa martabak jadul yang ngangenin. Ada isi ketan hitam hingga bihun.

Martabak merupakan camilan yang banyak disukai orang Indonesia. Terbagi ke dalam dua jenis yaitu manis dan gurih.

Adonan untuk kedua jenis martabak ini berbeda. Kalau martabak manis terbuat dari adonan tepung seperti kue. sedangkan martabak gurih menggunakan telur yang dilapisi kulit renyah.

Sebelum populer martabak kekinian dengan aneka topping yang beragam, martabak jadul begitu disukai. Biasanya martabak ini hanya ditambahkan topping klasik. Sampai sekarang martabak jadul masih tetap dicari penggemarnya karena rasanya bikin nostalgia.

Ada martabak manis dengan isian ketan hitam, martabak mini yang dilipat dengan isian klasik, hingga martabak bihun yang asalnya dari Madura.

Berikut 5 martabak jadul yang rasanya bikin kangen:

1. Terang Boelan Jadul

Martabak  Jadul yang Bikin KangenMartabak Jadul yang Bikin Kangen Foto: YouTube / decomb

Martabak jadul ini kerap disebut Terang Boelan. Adonan martabaknya sangat sederhana dan tipis. Tak seperti martabak manis pada umumnya yang tebal.

Terang boelan janyak ditemui di depan sekolah pada zaman dulu. Dijajakan oleh penjual keliling menggunakan pikulan ataupun sepeda.

Untuk varian rasanya juga sederhana. Terang boelan disajikan dengan topping mentega, gula, dan kacang. Ada juga yang menggunakan cokelat meisjes dan susu kental manis.

Baca Juga: Martabak AA: Ngemil Martabak Manis dan Telor Klasik yang Ada Sejak 1981

2. Martabak Ketan Hitam

Martabak  Jadul yang Bikin KangenMartabak Jadul yang Bikin Kangen Foto: Instagram @belalang.kecil

Martabak ketan hitam juga salah satu jenis martabak jadul yang rasanya ngangenin. Walaupun terlihat sederhana, tapi martabak ketan hitam ini masih tetap eksis.

Berupa martabak manis dengan adonan yang cukup tebal. Lalu disajikan dengan topping ketan hitam dan kelapa parut. Kemudian dilipat dan dipotong-potong.

Martabak ketan hitam ini dulunya banyak dijual di pasar tradisional. Harganya juga terjangkau, sekitar Rp 10.000-an per loyangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Puas Ngemil Martabak Flamboyan dengan Isian Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih