Turun BB 20 Kg Daffa Punya 'Cheating Day' Untuk Lancarkan Metabolisme

Devi Setya - detikFood Kamis, 22 Okt 2020 13:00 WIB
Cheating Diet Memperlancar Metabolisme Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko
Jakarta -

Cheating day dilakukan Daffa hingga sukses berdiet. Agar metabolisme tubuh lancar dan mood tetap baik.

Dilansir dari Healthline (21/10) cheating day adalah hari yang ditetapkan oleh pelaku diet untuk bisa menyantap makanan apapun yang disukai. Biasanya momen ini ditentukan satu hari dalam seminggu.

Misalnya, setelah 6 hari membatasi porsi dan menu makan maka dalam satu hari kamu 'mengizinkan' diri untuk makan dengan bebas. Ternyata penerapan cheating day ini berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh serta membantu memperbaiki mood.

Cheating Diet Memperlancar MetabolismeCheating Diet Memperlancar Metabolisme Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko

Beberapa ahli gizi mengungkapkan kalau kegiatan cheating day saat diet terbukti membantu mengatur perubahan dalam komposisi tubuh. Cheating day juga terbukti meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Hal ini diikuti oleh produksi hormon leptin. Leptin sendiri merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk menekan rasa lapar.

Beberapa penelitian menunjukkan ketika seseorang mengalami penurunan berat badan yang signifikan karena proses diet, kadar leptin dalam tubuh akan menurun. Tingkat leptin yang rendah akan membuat orang makan berlebihan yang justru membuat berat badan meningkat.

Saat cheating day, hormon akan memproduksi leptin lebih banyak sehingga keinginan untuk makan berlebih justru bisa ditekan. Dalam hal ini tentu dibutuhkan kontrol emosi juga.

Meskipun memberi dampak baik, tapi sebaiknya jangan menganggap cheating day sebagai ajang balas dendam. Kamu harus tetap fokus pada tujuan utama yakni menurunkan bobot badan.

Daffa, pelaku diet yang sukses menurunkan 20 kilogram berat badannya dalam waktu 4 bulan juga menerapkan cheating day. Ia mengaku cheating day dilakukan setiap akhir pekan.

Diakui Daffa, cheating day bisa jadi obat yang mengusir rasa bosan saat berhari-hari makan dengan porsi dan menu terbatas. Momen cheating day juga jadi ajang untuk memperbaiki mood.

"Kalo cheating day itu aku pasti makan di mall atau cafe, karena weekday aku usahain nggak pergi kemana-mana. Pas cheating tergantung mood, apapun dimakan dan nggak ada batasan porsinya, benar bebas. Pokoknya kalo cheating day itu kopi sih yang wajib ada, jadi pasti beli kopi," beber Daffa.

Sukses Turun BB 20 Kilo, Pria Ini Beberkan Tips Diet Tanpa MenyiksaSukses Turun BB 20 Kilo, Pria Ini Beberkan Tips Diet Tanpa Menyiksa Foto: twitter @dff21

Menjalani program diet selama berbulan-bulan tentu membuat Daffa sesekali merasa bosan. Tapi ia punya siasat untuk mengusir anggapan bosan ini.

"Cara mengatasi kebosanan diet ya mau nggak mau harus dibiasakan, karena kita punya tujuan akhir yang harus tercapai," pungkas Daffa.

Daffa merupakan satu pelaku diet yang sukses menurunkan berat badannya lewat diet karbo. Berat badan sebelumnya 80 kilogram berhasil ia turunkan menjadi 60 kilogram.



Simak Video "Yellowfit Express, Resto Diet Fast Food Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)