Cerita Roti Gosong dari Mantan Presiden India yang Sarat Nilai Moral

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 14 Okt 2020 12:30 WIB
Cerita Roti Gosong dari Mantan Presiden India yang Sarat Nilai Moral Foto: Getty Images/iStockphoto/chomphuphucar
Jakarta -

Mantan presiden India, Abdul Kalam punya cerita menarik soal roti gosong. Ada nilai moral tentang hargai masakan istri di baliknya.

Abdul Kalam atau dikenal juga A. P. J. Abdul Kalam adalah mantan presiden India periode 2002-2007. Mendiang merupakan ilmuwan dan insinyur India terkemuka.

Ia juga dikenal sebagai sosok penulis buku inspirasional. Salah satunya Wings of Fire yang ditujukan untuk menyemangati pemuda India.

Cerita menarik lain dari Abdul Kalam datang dari pengalaman masa kecilnya. Hal ini menyangkut roti gosong.

Akun Twitter @HafidzAlattas kemudian merangkum cerita ini. Unggahannya viral dan sudah mendapat lebih dari 10 ribu likes saat berita ini ditulis (14/10).

Cerita Roti Gosong dari Mantan Presiden India yang Sarat Nilai MoralCerita Roti Gosong dari Mantan Presiden India yang Sarat Nilai Moral Foto: Twitter @HafidzAlattas

"Waktu aku masih kecil, ibuku memasak makanan untuk kami. Suatu malam dia membuat makan malam setelah seharian bekerja keras. Ibu meletakkan sepiring 'sabzi' dan roti gosong di depan ayahku," kata Abdul Kalam.

"Aku menunggu untuk melihat apakah ada yang memperhatikan roti gosong itu. Ayahku tenang saja makan rotinya dan bertanya padaku bagaimana hari-hariku di sekolah."

"Aku tidak ingat apa yang ku katakan padanya malam itu, tapi aku ingat aku mendengar ibu meminta maaf kepada ayah atas roti gosong itu."

"Aku tak akan pernah lupa yg dia katakan: 'Sayang, aku suka roti gosong'."

"Malamnya, aku mencium ayah, mengucapkan selamat malam. Aku bertanya apa ayah benar-benar menyukai rotinya yang gosong."

"Ayah memelukku sambil berkata, 'Ibumu melalui hari yang berat dengan pekerjaannya hari ini dan dia benar2 lelah.'"

"Roti gosong tidak pernah menyakiti siapa pun. Kata-kata kasarlah yang akan menyakitkan!"

"Kau tahu nak? Hidup ini penuh dengan hal-hal yang tidak sempurna dan orang yang tidak sempurna. Ayah pun bukan lelaki terbaik, dan telah belajar menerima ketidaksempurnaan itu."

"Apa yang telah aku pelajari selama bertahun-tahun adalah: Menerima Kesalahan Satu Sama Lain dan Memilih Untuk Merayakan Hubungan."

Cerita Roti Gosong dari Mantan Presiden India yang Sarat Nilai MoralCerita Roti Gosong dari Mantan Presiden India yang Sarat Nilai Moral Foto: Getty Images/iStockphoto/chomphuphucar

Baca Juga: Masakannya Disebut Amis, Curhatan Istri Ini Bikin Nyesek!

Cerita Abdul Kalam ini memang pernah jadi perbincangan banyak orang. Salah satu media di India, The Hans India juga mengutipnya pada tahun 2015.

Banyak orang terkesan dengan nilai moral di balik cerita roti gosong itu. Bagaimana seorang suami menghargai sang istri dan tidak berkata kasar padanya.

Netizen Indonesia pun ramai mengomentari kicauan @HafidzAlattas. Mereka membagikan kisah yang dialaminya sendiri.

"Kemarin istri saya masak makan siang dan tumben keasinan, tapi saya tetap menerima dan makan dengan lahap. Saya sangat menghargai usahanya apapun itu," ujar @AnditoAndy.

Cerita Roti Gosong dari Mantan Presiden India yang Sarat Nilai MoralCerita Roti Gosong dari Mantan Presiden India yang Sarat Nilai Moral Foto: Getty Images/iStockphoto/chomphuphucar

Ada juga komentar seorang istri @oh_senyumanmu yang merasa beruntung dengan sikap suaminya yang selalu menghargai masakannya.

"Suami saya juga selalu makan masakan saya entah itu enak/nggak enak, kalau memang terlalu asin atau gimana dia cuma bilang kok rasanya tidak seperti biasa, tapi tetap dimakan," ucapnya.

Tak sedikit pula para suami yang jadi cuhat soal masakan istri mereka. Salah satunya @batulangit5 yang bilang istrinya selalu masak ayam padahal ia ada penyakit.

"Barusan istriku nyiapin makan malam ayam goreng, padahal tadi siang ayam bakar, kmarin ayam bakar beli.. Padahal di depan dia udah 3 hari makan allupurinol + sodium dklovnak (obat asam urat dan nyeri)," ucapnya.

Baca Juga: Tak Mau Makan Masakan Istri, Pria Ini Dipukuli hingga Patah Tulang



Simak Video "Menjajal Roti Bakar Unik yang Bikin Nagih "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)