Kopi Pernah Dianggap Racun dan Minuman Setan di 5 Wilayah Ini

Devi Setya - detikFood Senin, 12 Okt 2020 05:00 WIB
Kopi Pernah Dianggap Racun dan Minuman Setan di 5 Wilayah Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/AlexRaths

4. Konstantinopel

Hampir selama Abad Pertengahan, Konstantinopel merupakan kota terbesar dan termakmur di Eropa. Tapi saat tahta kekaisaran Utsmani sekitar tahun 1623, kopi jadi minuman yang dilarang keras. Bahkan ada aturan hukum yang sengaja dibuat khusus untuk kopi.

Orang yang nekat menikmati kopi maka akan mendapat hukum pukulan. Jika ketahuan lagi konsumsi kopi maka akan dihukum mati. Hukumannya pun tak tanggung-tanggung, pelaku akan dimasukkan dalam kantung kulit dan dilemparkan ke laut.

5. Prussia

Kopi Pernah Dianggap Racun dan Minuman Setan di 5 Wilayah IniKopi Pernah Dianggap Racun dan Minuman Setan di 5 Wilayah Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/AlexRaths

Prussia adalah kerajaan Bangsa Jerman, tahun 1777 Raja Frederick membuat pernyataan yang mengungungkap bir lebih unggul dibanding kopi. Ia mengeluarkan pernyataan ini karena pada masa itu kopi memiliki peminat yang jauh lebih besar.

Padahal kawasan Prussia merupakan produsen bir yang sekaligus menjadikan bir sebagai minuman khas daerah. Khawatir eksistensi bir akan tergusur kopi maka ia memerintahkan warganya untuk membuang kopi dan memperbanyak konsumsi bir.

Tapi lambat laun, seiring bergantinya sistem pemerintahan akhirnya kopi kembali diizinkan untuk dikonsumsi. Buktinya hingga kini kawasan Jerman tetap unggul soal produksi bir. Kopi dan bir sebenarnya memiliki penggemar masing-masing dan dua minuman ini juga punya karakter yang berbeda jauh.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com