Makanan Korea Utara Selalu Bikin Penasaran, Ternyata Begini Rasanya

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 08 Okt 2020 18:00 WIB
YouTuber Cicip Makanan khas Korea Utara Foto: YouTube / SunnydahyeIn
Jakarta -

Tak banyak yang tahu seperti apa makanan khas Korea Utara. Lewat YouTuber Sunny Dahye, kita diajak mengenal beberapa jenis makanan itu. Gimana rasanya?

Korea Utara merupakan negara yang paling tertutup di dunia. Negara ini dipimpin presiden Kim Jong Un yang kerap memunculkan kontroversi.

Peradaban negara ini juga bisa dikatakan tertinggal dari negara lainnya. Oleh karena itu tak banyak orang tahu mengenai makanan ataupun budayanya.

Namun lewat channel YouTube SunnydahyeIn, kita akan diajak mengenal beberapa jenis street food Korea Utara (6/10). Makanan ini juga dimasak langsung oleh pembelot Korea Utara.

Adalah Kang Nara, gadis yang jadi pembelot Korea Utara dan kini tinggal di Korea Selatan. Ia berteman baik dengan YouTuber Sunny Dahye dan memasak beberapa jenis makanan Korea Utara untuk Sunny.

Baca Juga: 5 Makanan Korea Utara Terkenal Menurut Guide yang 183 Kali ke Sana

YouTuber Cicip Makanan khas Korea UtaraYouTuber Cicip Makanan khas Korea Utara Foto: YouTube / SunnydahyeIn

Ada empat jenis makanan khas Korea Utara yang disuguhkan Nara. Seperti dudubap (tahu isi nasi), injo gogibap, injo gogi banchan, dan kkanari (sejenis belut) yang sudah dibumbui.

Dudubap adalah sajian tahu kulit dengan isian nasi. Lalu, injo gogibap adalah olahan nasi yang dicampurkan injo (semacam daging nabati terbuat dari kacang kedelai) dan dibungkus dengan kulit tahu.

Ada juga injo gogi banchan yang merupakan semacam daging nabati terbuat dari kacang kedelai, ditumis dengan sejumlah bumbu khas Korea Utara. Tak ketinggalan kkanari, yaitu saus khas Korea Utara yang terbuat dari belut pasir dimasak dengan bubuk cabe, bawang putih, cabai cheongyang, dan bawang bombai.

"Ada kkanari, bubuk cabai, cabai cheongyang, bawang putih, bawang bombai," kata Kang Nara.

Kkanari ini jadi makanan pelengkap injo gogibap agar rasanya makin nikmat. Nah, salah satu bahan makanan yaitu 'injo' tak ada di Korea Selatan. Jadi Nara mendapatkannya dari China yang diimpor langsung dari Korea Utara.

YouTuber Cicip Makanan khas Korea UtaraYouTuber Cicip Makanan khas Korea Utara Foto: YouTube / SunnydahyeIn

Sunny Dahye sudah terlihat antusias untuk mencicipi makanan khas Korea Utara tersebut. Ia pun meminta Nara untuk merekomendasikan makanan mana yang harus disantap terlebih dahulu.

"Hm, kayaknya ku rasa dari yang ini. Ku rasa mending mulai dari injo gogi bap dulu." ujar Nara.

Saat melahapnya, Sunny Dahye terlihat kegirangan karena menurutnya rasa injo gogibap ini sangat enak. "Beneran enak banget, aku suka saus yang kayak gini. Kombinasinya wahhh!" ujar Sunny Dahye.

"Kayaknya temen-temen di Indonesia bakalan suka deh. Wah, ini beneran enak," lanjut Sunny.

YouTuber Cicip Makanan khas Korea UtaraYouTuber Cicip Makanan khas Korea Utara Foto: YouTube / SunnydahyeIn

Melihat Sunny yang terlihat menyukai makanan khas Korea Utara buatannya, Kang Nara merasa lega. Ia juga mengatakan kalau akan membuatkan makanan ini lagi untuk Sunny.

Kang Nara juga memberitahukan harga dudubab (tahu isi nasi) di Korea Utara, dibanderol 500 won (Rp 6.000) per pcs. Lalu untuk injo gogibap 300 won (Rp 3.800).

Makanan khas Korea Utara yang disajikan oleh Kang Nara ini biasanya banyak dijual di pasar. "Aku biasanya beli ini di pasar. Ini aku juga nggak belajar bikinnya, tapi aku inget-inget rasanya dari yang aku beli di pasar," beber Kang Nara.

Baca Juga: Drama 'Crash Landing on You' Populer, Kenali 5 Makanan Khas Korea Utara!



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Samgyetang Bareng Dimas Beck"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)