Ini Resep 'Babi' Halal ala Netizen TikTok Pakai Jantung Pisang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 08 Okt 2020 14:00 WIB
Resep ‘Babi’ Halal ala Netizen TikTok Pakai Jantung Pisang Foto: TikTok serat_ketjil
Jakarta -

Netizen TikTok ini bagikan resep praktis vegan pulled pork. Berupa 'daging babi' imitasi yang dibuat dari jantung pisang sebagai bahan utamanya.

Menu vegan kini sangat beragam, bahkan bisa dikreasikan menyerupai protein hewani. Misalnya patty burger, suwiran ayam, sampai daging babi.

Khusus babi, karena haram dalam Islam, beberapa orang juga menjadikan resep babi vegan sebagai alternatif 'babi' halal. Sebab tampilan dan rasanya dianggap persis olahan babi, namun tidak dibuat dari babi sama sekali.

Resep 'Babi' Halal ala Netizen TikTok Pakai Jantung PisangResep 'Babi' Halal ala Netizen TikTok Pakai Jantung Pisang Foto: TikTok serat_ketjil

Salah satunya dibagikan netizen TikTok serat_ketjil (6/10). Ia membuat resep 'babi' halal atau vegan pulled pork dengan bahan-bahan yang mudah ditemui di Indonesia.

Pulled pork sendiri merupakan BBQ khas Amerika Selatan berbahan suwiran daging babi, utamanya bagian pundak. Biasanya pulled pork dijadikan topping roti atau sandwich.

Serat Ketjil mengganti babi dengan jantung pisang. "Bahan utamanya jantung pisang, bersihin, cuci, abis itu rebus," katanya.

Lalu untuk bumbunya, tumis bawang merah dan bawang putih. "Sampai layu ya, terus masukkin jantung pisangnya yang sudah direbus tadi," lanjut Serat Ketjil.

Resep 'Babi' Halal ala Netizen TikTok Pakai Jantung PisangResep 'Babi' Halal ala Netizen TikTok Pakai Jantung Pisang Foto: TikTok serat_ketjil

Baca Juga: Segera Bisa Dicicipi, Sosis dan Daging Babi Vegan Berbahan Kedelai

Langkah selanjutnya adalah masukkan saos tomat, kecap asin, dan bumbu rahasia ala Serat Ketjil. Ia meraciknya dari campuran kecap inggris, garam, kaldu jamur, gula pasir, wijen, dan air. Juga tambahan lada bubuk.

Semua bahan dimasak sampai airnya menyusut. Jika sudah masukkan irisan daun bawang. Setelah itu, siapkan roti panggang. Bisa pakai roti apa saja, tapi netizen ini pakai sourdough.

"Terakhir susun (vegan pulled pork) di atas roti, tambahin tomat, karena aku suka pedes aku tambahin bubuk cabai," tutupnya.

Resep 'Babi' Halal ala Netizen TikTok Pakai Jantung PisangResep 'Babi' Halal ala Netizen TikTok Pakai Jantung Pisang Foto: TikTok serat_ketjil

Di akhir video ia juga memperlihatkan komentar bule yang cicip resep babi halal ini. Ia bilang rasanya enak banget.

Video TikTok Serat Ketjil sudah mendapat lebih dari 159 ribu likes. Banyak netizen juga meninggalkan komentar.

Kebanyakan justru memperdebatkan kehalalan makanan ini. Apa benar-benar halal atau tidak karena mirip sajian nonhalal.

"Fyi: Ini emang makanan halal, tapi karena udah disandingi dengan makanan haram dalam Islam ini gak boleh ya. Segala sesuatu disandingi dengan haram," kata Lily.

Ada juga yang justru bercanda soal babi. "Babi halal tu babinya udah dipinang, dihalalin," sahut seorang netizen.

Baca Juga: Beredar Produk Daging Babi Vegetarian, Apakah Halal Dikonsumsi?

@serat_ketjil

Babi Halal - Vegan Pulled Pork ##vegan ##plantbased ##cooking ##vivoV20FocusOnYou ##fyp ##fypindonesia ##veganfoodie ##veganrecipes ##veganfood

♬ original sound - Serat Ketjil


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Masakan Manado Serba Pedas di Cikini"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)