Beredar Produk Daging Babi Vegetarian, Apakah Halal Dikonsumsi?

Agam Gumawang - detikFood Jumat, 15 Mei 2020 11:00 WIB
Daging babi vegetarian Foto: iStock
Jakarta -

Produk daging babi vegetarian kini beredar di pasaran. Dibuat dengan bahan-bahan nabati namun tetap mengusung nama 'pork', halalkah konsumsinya?

Seiring majunya perkembangan ilmu dan teknologi di bidang pangan, konsumen makin disajikan berbagai macam pilihan produk yang tersedia di pasaran. Namun di satu sisi, kemajuan tersebut mengakibatkan kesulitan tersendiri di dalam proses penelusuran kehalalan produk pangan.

Salah satunya yang membuat konsumen muslim ragu akan kehalalannya adalah produk daging babi vegetarian. Di pasaran, produk ini beredar dalam bentuk Vege BBQ Pork, Vegetarian Roast Pork, Vegetarian Pulled Pork, Vege Beef Ball, dan lain- lain.

Daging babi vegetarianDaging babi vegetarian Foto: iStock

Prinsip dasar pengolahan daging babi vegetarian adalah protein nabati seperti kedelai atau protein gandum diolah dengan teknologi ekstrusi sehingga dihasilkan protein yang secara tekstur dan sifat fungsionalnya mirip dengan daging babi.

Sekilas produk ini terlihat halal karena tidak mengandung daging babi sama sekali. Namun, bagaimanakah aspek kehalalan produk daging babi vegetarian ini berdasarkan regulasi halal MUI?

Daging babi vegetarianDaging babi vegetarian Foto: iStock

Berdasarkan Sistem Jaminan Halal LPPOM MUI, produk yang sifat sensorisnya (warna, aroma, rasa) menyerupai produk yang haram tidak bisa disertifikasi halal. Hal tersebut dikarenakan untuk kehati-hatian dan sebagai proteksi LPPOM MUI agar konsumen muslim tidak mendekati dan mengonsumsi produk yang haram.

Bila terbiasa mengonsumsi produk menyerupai yang haram, dikhawatirkan di kemudian hari konsumen tersebut akan terbiasa mengonsumsi produk pangan yang jelas haramnya karena sifat sensorisnya yang sangat identik atau sulit dibedakan.

Daging babi vegetarianDaging babi vegetarian Foto: iStock

Pada komposisi produk daging babi vegetarian terdapat whey protein dan vegetarian essens. Whey protein dapat diperoleh dari hasil samping penggumpalan curd industri pengolahan keju. Namun, sumber bahan penggumpal yang dapat berasal dari enzim mikroorganisme mengakibatkan status kehalalan whey menjadi sangat diragukan.

Sedangkan vegetarian essens terdiri dari bermacam-macam senyawa kimia yang harus diperiksa secara detil status kehalalannya. Di sisi lain, produk vegetarian/vegan tidak mempersyaratkan bebas alkohol khamr pada komposisi produknya.

Catatan : Penulis adalah Auditor Halal LPPOM MUI DKI Jakarta



Simak Video "Bikin Laper: Menikmati Sate Kangen Sambil Ditemani Pemandangan Indah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com