China Borong 300 Ribu Durian Musang King Senilai Rp 218 M dalam Sejam!

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 06 Okt 2020 16:00 WIB
Durian Musang King Diborong China Foto: iStock
Jakarta -

Durian Musang King populer di kalangan penikmatnya. Bahkan di China, durian ini berhasil laku 300.000 buah dalam satu jam. Harganya mencapai Rp 218 miliar!

Durian Musang King adalah produk buah unggulan asal Malaysia. Banyak pencinta durian rela mengeluarkan kocek tebal demi menikmati durian berkualitas tinggi ini.

Ciri durian Musang King ada pada warna daging buahnya yang kuning terang dan sangat tebal. Buah kebanggaan orang Malaysia ini juga disukai banyak orang di negara lain.

Durian Musang King Diborong ChinaDurian Musang King Diborong China Foto: iStock

Baca Juga: Ini 5 Kisah Viral Aroma Durian, Pingsan hingga Putus Cinta

Terbukti dari kesuksesan Festival Durian Online China-Malaysia (Guangxi) 2020 yang diselenggarakan di kota Qinzhou, China. Festival durian tersebut menawarkan 300.000 durian Musang King yang bisa dibeli via online oleh warga China.

Berat total durian Musang King yang dijual tersebut mencapai 60 ton. Semuanya laku terjual dalam kurun waktu 50 menit 48 detik saja. Jika dikalkulasikan harga durian Musang King yang terjual tersebut mencapai RM 61,2 juta atau senilai Rp 218 miliar.

Durian Musang King Diborong ChinaDurian Musang King Diborong China Foto: thestar

Utusan Perdana Menteri Malaysia untuk China, Datuk Seri Tiong King Sing juga mengaku percaya diri atas penjualan durian tersebut. Ia meyakini hal ini bisa berkontribusi pada perdagangan bilateral antara Malaysia dan China.

Tiong King Sing juga menjelaskan bahwa menurut data statistik, China mengimpor 600.000 ton durian senilai RM 7,1 miliar (Rp 25 triliun) tahun lalu. Sementara yang berhasil diimpor dari Malaysia sebanyak 7.700 ton atau senilai RM 278,8 juta (Rp 990 miliar).

Durian Musang King Diborong ChinaDurian Musang King Diborong China Foto: iStock

"Meskipun ada wabah Covid-19, saya yakin permintaan durian Malaysia tidak akan terancam," ujarnya dalam pidato yang dibacakan direktur dewan bisnis Malaysia-China, Fong Tian Yong.

"Kita harus terus meningkatkan jumlah ini untuk memberikan manfaat bagi kedua negara dalam hal ekonomi, sumber daya, budaya, dan pengetahuan," pungkasnya.

Baca Juga: Waduh! Ketagihan Durian, Gajah Ini Terobos Toko Sampai Dua Kali



Simak Video "Ragam Olahan Durian: Gulai Durian Mengkal hingga Bakso Durian"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)