Cara Pilih Alpukat Matang Tanpa Harus Tekan-tekan Daging Buahnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 05 Okt 2020 08:00 WIB
Cara pilih alpukat Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV
Jakarta -

Cara pilih alpukat ini bisa kamu praktikkan saat hendak mendapatkan yang matang. Tak usah menekan-nekan daging buahnya, seperti ini cara praktis pilih alpukat.

Menjadi primadona buah sehat, banyak orang menjadikan alpukat sebagai stok. Biasanya yang dipilih adalah yang setengah matang agar bisa disimpan lebih lama. Namun untuk konsumsi segera, alpukat matang jadi pilihan.

Dalam memilih alpukat, banyak orang mengandalkan cara menekan daging buahnya. Mereka beranggapan jika teksturnya empuk cenderung lembek, pertanda alpukat sudah matang.

Cara pilih alpukatCara pilih alpukat Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV

Namun seorang petani buah memberi pengetahuan baru soal cara pilih alpukat matang. Dikutip dari Daily Mail (1/10), petani bernama Suzie Delroy ini justru menilai menekan-nekan daging buah alpukat adalah kesalahan besar saat memilihnya.

"Tidak perlu menekan-nekan alpukat di seluruh bagian daging buahnya untuk mencari yang matang. Kesalahan ini banyak dilakukan orang Australia yang sebenarnya bisa menyebabkan memar dan merusak buah," jelas Suzie.

Suzie bilang, cara pilih alpukat matang yang benar adalah dengan memperhatikan warna kulitnya. "Warnanya berubah dari hijau menjadi hitam keunguan saat matang," tambah Suzie.

Cara pilih alpukatCara pilih alpukat Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV

Baca Juga: Makan Alpukat Tiap Hari, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh

Tapi jika kamu penasaran memegang buahnya, Suzie menyarankan untuk menekan dengan lembut bagian atas alpukat, bukan badan atau bagian tengahnya.

Suzie berujar, "Tekan dengan sangat lembut di bagian atas, samping batangnya." Bagian ini terlihat seperti tombol kecil. Jika agak lembut, berarti sudah matang dan siap dimakan.

Cara pilih alpukatCara pilih alpukat Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV

Menariknya, alpukat bukanlah buah yang matang di pohon. Alpukat mulai matang setelah dipanen. "Alpukat tidak matang di pohon. Mereka hanya matang setelah dipetik. Itu adalah fakta yang sangat menakjubkan," kata Suzie.

Jika ingin mematangkan alpukat di rumah, cara dari Suzie juga bisa kamu praktikkan. "Taruh saja di meja dapur selama satu hingga tiga hari," jelasnya.

Tapi kalau mau lebih cepat, masukkan alpukat ke dalam kantong kertas cokelat bersama dengan pisang. "Secara alami pisang melepaskan etilen (gas alam yang ada di sebagian besar buah) yang mempercepat proses pematangan alpukat," tandas Suzie.

Baca Juga: Cara Memilih hingga Matangkan Alpukat dengan Cepat dan Merata



Simak Video "Avolato, Paduan Alpukat dan Gelato yang Lezat Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com