Penumpang First Class Ini Komplain karena Dapat Sandwich Murahan

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 02 Okt 2020 16:30 WIB
Penumpang First Class British Airway dapat Sandwich Murahan Foto: dailymail
Jakarta -

Penumpang first class British Airways ini komplain karena mendapat menu sandwich yang standar. Padahal seharusnya ia mendapatkan pelayanan terbaik.

Tiket pesawat dibedakan ke dalam 3 kelas, mulai dari ekonomi, bisnis, dan first class. Pelayanan yang paling baik didapatkan para penumpang yang membeli tiket first class. Selain mendapatkan tempat duduk yang nyaman, biasanya makanan yang disajikan juga mewah.

Tapi nasib malang dialami seorang penumpang first class yang membeli tiket dari British Airways. Adalah Rafal Smaszcz (42) yang komplain karena mendapatkan pelayan buruk dari pihak maskapai.

Dilansir dari Daily Mail (1/10), Rafal menumpangi British Airways dari London Heathrow ke Frankfurt. Ia membeli tiket first class seharga £520 atau senilai Rp 9,9 juta.

Baca Juga: Maskapai Ini Jual Makanan Pesawat untuk yang Kangen Traveling

Penumpang First Class British Airway dapat Sandwich MurahanPenumpang First Class British Airway dapat Sandwich Murahan Foto: dailymail

Pelayanan buruk yang Rafal dapatkan berasal dari makanan yang disajikan untuknya. Yang menurutnya sangat buruk karena hanya berupa sandwich dengan tampilan murahan dan terlihat 'memalukan'.

Rafal membagikan foto sandwich 'memalukan' itu ke akun Twitter miliknya. Ia menuliskan keterangan, "Kita semua tahu tentang Covid dan batasan tertentu. Tapi kalau Anda mengenakan biaya yang sama untuk tiket penerbangan seperti sebelumnya, apakah Anda pikir ini layak diterima untuk disajikan sebagai makanan first class?" tulis Rafal Smaszcz.

Penumpang First Class British Airway dapat Sandwich MurahanPenumpang First Class British Airway dapat Sandwich Murahan Foto: dailymail

Terlihat sandwich dibungkus kertas makanan berwarna cokelat dan nampak lusuh. Sandwichnya juga sangat berminyak dan terlihat seperti terjepit.

Hal serupa juga dialami pria bernama Stewart Cunningham (35) dari Aberdeen. Saat itu ia membayar £420 (Rp 8 juta) untuk penerbangan dari London ke Warsawa pada 25 September 2020 lalu.

Penumpang First Class British Airway dapat Sandwich MurahanPenumpang First Class British Airway dapat Sandwich Murahan Foto: dailymail

Saat itu Steward juga disajikan sandwich dengan tampilan yang memalukan oleh British Airways. Sandwich ayam yang disajikan untuknya sangat di bawah standar. Berupa roti tawar yang di dalamnya diberikan isian keju lembaran dan potongan ayam tipis.

"Terus terang saja sangat memalukan bagi kru untuk menyajikan sandwich yang dikemas dalam kantong cokelat yang dilapisi minyak," ujar Steward.

Selain dua pria ini masih banyak lagi yang komplain tentang makanan pesawat selama pandemi COVID-19 ini. Bahkan Tim Martz yang mengeluarkan kocek hingga £11.000 (Rp 210 juta) untuk penerbangan dari Kroasia ke Los Angeles juga komplain dengan makanan yang menyedihkan.

Penumpang First Class British Airway dapat Sandwich MurahanPenumpang First Class British Airway dapat Sandwich Murahan Foto: dailymail

Ia mendapat sandwich dalam boks dengan salad dan sebotol air minum. "Makanan dalam kotak bukanlah first class atau juga kelas bisnis," ujar Tim Martz.

Tim Martz juga membandingkan makanan yang disajikan untuknya dari maskapai yang berbeda. Yang menurutnya lebih layak karena disajikan dengan piring dan alat makan perak.

Pihak maskapai British Airways menanggapi keluhan dari beberapa penumpangnya. Mereka menjelaskan kalau penumpang yang berpergian jarak jauh disajikan kotak makan dengan isian salad, hidangan panas atau sandwich, serta pilihan minuman beralkohol dan non-alkohol. Makanan ringan juga disediakan oleh pihak mereka.

"Penumpang yang berpergi dengan jarak pendek juga akan ditawarkan makanan yang telah disiapkan sebelumnya, seperti salad atau sandwich dengan pilihan minuman," ujar juru bicara British Airways.

"Sedangkan untuk penumpang di kelas ekonomi akan disajikan makanan ringan gratis dan sebotol air minum," tutupnya.

Baca Juga: Trinity Dapati Suguhan Makanan Garuda Indonesia yang Mengecewakan



Simak Video "Sandwich Pecel, Kombinasi Kuliner Indonesia dan Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)