Suka Kuliner Ekstrem, Chef Stefu Pernah Cicip Ular, Kelabang dan Kijang

Devi Setya - detikFood Kamis, 01 Okt 2020 19:00 WIB
A spoonful of edible died cricket with a bowl full on cricket as background Foto: Istock
Jakarta -

Dibutuhkan nyali besar untuk bisa melahap berbagai makanan ekstrem. Tapi bagi Chef Stefu justru bikin penasaran, ia pernah makan ular, kelabang hingga daging monyet.

Chef Stefu Santoso bukan hanya jago soal urusan masak memasak, pria ramah ini juga punya hobi kulineran ekstrem. Sejak kecil bahkan Chef Stefu sudah diajak mencicipi kelelawar. Rasa penasarannya kemudian membawa Chef Stefu kini punya banyak pengalaman makan kuliner ekstrem.

Kepada detikFood, Chef Stefu blak-blakan soal pengalamannya makan makanan yang bagi sebagian orang bikin dahi berkerut. Ia menyebutkan pernah makan ular, kijang, kelabang, ulat, monyet hingga kelelawar. Pengalaman ini ia dapatkan bahkan sejak usianya masih kecil.

Event d'Xpertise Chef Stefu Kupas Habis Rahasia Lezatnya Pindang Daging AustraliaEvent d'Xpertise Chef Stefu Kupas Habis Rahasia Lezatnya Pindang Daging Australia Foto: detikFood

"Waktu kecil diajak makan sama ayah saya itu kelelawar. Saya nggak tahu waktu itu, kelelawar yang masih kecil-kecil gitu. Krek krek, teksturnya kaya wakame. Saya nggak pernah lupa sampe sekarang inget banget. Saya suka sih enak itu," ujar Chef Stefu.


Berlanjut lagi saat duduk di bangku SMA, Chef Stefu dan teman-temannya pernah memasak daging kijang. Saat itu ia sedang berkumpul dan paman dari temannya memberikan seekor kijang hasil buruan. Alhasil kijang ini langsung diolah jadi makanan.

Tak berhenti sampai situ, setelah menikah pun rasa penasaran pada makanan ekstrem justru makin meningkat. Oleh sang mertua, Chef Stefu bahkan pernah diajak makan daging monyet. Pengalaman langka ini diakui Chef Stefu terjadi sudah sangat lama.

"Nyoba makanan ekstreme sudah banyak. Zaman dulu mertua saya tinggal di Sumatera kita pernah nyoba nangkep monyet. Dimasak pakai banyak sereh dan arak beras fermentasi. Enak dagingnya," beber Chef Stefu.

Ada juga ular yang jadi salah satu makanan ekstrem favoritnya. Diakui Chef Stefu, daging ular memiliki rasa seperti daging ayam. Dahulu ia bisa dengan mudah makan daging ular karena salah satu pamannya memiliki usaha pembuatan abon kobra sebagai obat untuk penyakit kulit.

Tak hanya di Indonesia, Chef Stefu juga selalu menyempatkan jajan kuliner ekstrem saat ke luar negeri. Misalnya ketika ke Myanmar dan Thailand mencicip aneka serangga goreng mulai dari ulat kecil hingga kelabang.

"Saya orangnya kepengen tau, orang sebenernya jadi jijik karena bayangi pas masih hidup, saya malah penasaran. Kan sudah dimasak sudah digoreng. Renyah dan itu katanya kandungan proteinnya tinggi. Saya malah pengen cobain," beber Chef Stefu.

serangga gorengSuka Kuliner Ekstrem, Chef Stefu Pernah Cicip Ular, Kelabang dan Kijang Foto : iStock

Meskipun sudah mencoba banyak makanan ekstrem, tapi ada satu yang masih membuat Chef Stefu penasaran. Ia belum pernah mencicipi balut, yakni telur rebus yang isinya janin unggas.

"Pengen coba balut, adanya di Filipina dan saya belum pernah ke sana. Nanti kalau ke sana mau coba. Penasaran sama tekstur dan rasanya aja, walaupun tampilannya agak ngeri," pungkas Chef Stefu.



Simak Video "Pindang Daging Menggunakan Daging Australia ala Chef Stefu Santoso"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)