Pernah Makan Daging Monyet, Chef Stefu : Rasanya Enak

Devi Setya - detikFood Minggu, 27 Sep 2020 12:30 WIB
Pengalaman Chef Stefu  Makan Daging Monyet Foto: Getty Images/iStockphoto/yfwong
Jakarta -

Chef Stefu Santoso berbagi pengalaman seru saat kulineran. Ia ternyata pernah makan daging monyet dan rasanya dibilang enak mirip daging sapi.

Lama berkarir di dunia kuliner membuat kehidupan Chef Stefu tak pernah jauh dari berbagai makanan unik. Bukan hanya soal meracik makanan, ia juga foodies yang suka kulineran.

Chef Stefu membeberkan dirinya termasuk praktisi kuliner yang juga suka mencoba makanan ekstrem. Ditemui detikFood (26/9) dalam event d'Xpertise yang digelar detikcom bersama Meat and Livestock Australia (MLA), Chef Stefu membeberkan pengalaman berburu kuliner ekstrem.

Pengalaman Chef Stefu  Makan Daging MonyetPengalaman Chef Stefu Makan Daging Monyet Foto: Getty Images/iStockphoto/yfwong

Chef Stefu membeberkan pengalamannya saat makan daging monyet. Momen ini diakui sudah sangat lama, saat dirinya berkunjung ke kampung halaman istri di Sumatera.

"Jaman dulu kebetulan mertua saya di Sumatera, kita pernah nyoba makan daging monyet. Jadi mereka nangkep monyet dimasak di-stew pakai sereh dan arak masak yang dibuat dari beras, " ujar Chef Stefu.

Meski sudah lama, pengalaman ini cukup berkesan bagi Chef Stefu. Ia mengatakan rasanya enak dan familiar di lidah karena mirip daging sapi.

"Enak, pedas gurih. Rasa dagingnya kaya daging sapi biasa. Mereka masaknya pedas karena pakai banyak sereh dan arak beras itu. Sebenernya kalau kita disajiin juga udah nggak tau kalau itu daging monyet karena sudah tidak berbentuk," beber Chef Stefu.

Lebih lanjut, Chef Stefu juga mengatakan dalam keadaan mentah daging monyet ini berwarna kemerahan. "Kurang lebih kaya daging anjing, kalau di Sumatera kan biasa ya makan itu," kata Chef Stefu.

Event d'Xpertise Chef Stefu Kupas Habis Rahasia Lezatnya Pindang Daging AustraliaPengalaman Chef Stefu Makan Daging Monyet Foto: detikFood

Pengalaman makan daging monyet ini dianggapnya berkesan karena saat ini tentu saja dilarang menangkap dan mengolah monyet sebagai bahan makanan. Lagipula monyet juga bukanlah hewan yang lazim dikonsumsi.

Meski hobi kulineran ekstrem, tapi Chef Stefu belum pernah mencoba meracik makanan ekstrem. Alasannya karena hewan-hewan ekstrem sulit didapatkan dan ada teknik khusus untuk memasaknya.

"Kalau masak belum pernah. Ada culturenya misalnya yang tadi masak monyet harus pakai sereh banyak dan arak. Kan kita nggak tau ada rahasia di baliknya atau gimana. Dan susah juga dapatnya, sekarang dilarang juga, nggak boleh," pungkas Chef Stefu.



Simak Video "Pindang Daging Menggunakan Daging Australia ala Chef Stefu Santoso"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)