Kakek Ini Nekat Makan Kue Bulan yang Sudah Kedaluwarsa 10 Tahun

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 01 Okt 2020 14:30 WIB
Kakek Ini Nekat Makan Kue Bulan yang Sudah Kedaluwarsa 10 Tahun Foto: Sin Chew/iStock
Jakarta -

Tak ingin membuang kue bulan yang sudah lama ia simpan. Kakek ini nekat makan kue bulan yang sudah kedaluwarsa 10 tahun lamanya.

Memasuki Festival Musim Gugur, kue bulan atau mooncake kembali beredar di pasaran. Kue yang satu ini merupakan menu wajib pada perayaan Festival Musim Gugur yang jadi budaya masyarakat China di seluruh dunia.

Baca Juga: Mooncake Isi Mie Instan, Lobster dan Arang, Mooncake Unik yang Disukai Orang

Kue bulan dianggap sebagai kue yang membawa keberuntungan sekaligus harapan baik. Hal ini lah yang membuat seorang kakek berusia 90 tahun asal Singapura, tak mau membuang kue bulannya yang sudah kedaluwarsa sejak sepuluh tahun lalu.

Kakek Ini Nekat Makan Kue Bulan yang Sudah Kedaluwarsa 10 TahunKakek Ini Nekat Makan Kue Bulan yang Sudah Kedaluwarsa 10 Tahun Foto: Sin Chew/iStock

Dilansir dari Red Chili 21 (01/10), putra dari sang kakek bernama Chou mengatakan bahwa ayahnya pindah ke apartemen baru bersamanya di tahun 2010. Tapi ayahnya ini masih sering kembali ke rumah lamanya untuk nostalgia.

Karena itu semua peralatan dan barang-barang sang ayah masih ada di tempat yang sama. Lalu pada awal bulan September lalu, kakek ini menemukan satu kotak berisi kue bulan yang ada di rumahnya ketika ia sedang bersih-bersih.

Ia membuka kotak itu dan menemukan ada dua buah kue bulan di dalam kotak. Kue itu tidak membusuk atau mengeluarkan aroma tak sedap. Karena sayang jika dibuang begitu saja, akhirnya sang kakek memutuskan untuk mengukus kue bulan ini dan memakannya.

Kakek Ini Nekat Makan Kue Bulan yang Sudah Kedaluwarsa 10 TahunKakek Ini Nekat Makan Kue Bulan yang Sudah Kedaluwarsa 10 Tahun Foto: Sin Chew/iStock

Saat itulah sang putra tersadar bahwa kue yang dimakan ayahnya sudah kedaluwarsa sejak 10 tahun lalu. Ia meminta sang ayah untuk berhenti memakan kue tersebut.

Di dalam kemasan tersebut tertulis tanggal '30 Agustus 2010', namun tampilan kue bulan itu masih sama seperti kue bulan yang baru dibuat.

Tak berhenti hingga di sana, sang ayah kembali menemukan bingkisan kue bulan yang sudah kedaluwarsa sejak 3 tahun lalu. Kondisinya juga masih bagus dan belum berjamur atau membusuk.

Setelah mengonsumsi kue bulan yang usianya sudah mencapai 10 tahun, kakek itu tidak merasakan apa-apa. Kisah ini pun viral di internet, banyak netizen yang menyebutkan bahwa kue bulan memiliki jangka penyimpanan yang lama.

Kakek Ini Nekat Makan Kue Bulan yang Sudah Kedaluwarsa 10 TahunKakek Ini Nekat Makan Kue Bulan yang Sudah Kedaluwarsa 10 Tahun Foto: Sin Chew/iStock

Menurut beberapa ahli pembuat kue bulan, proses emulsifikasi selama membuat kue bulan membuat kue ini menjadi awet secara alami.

Selain itu jika permukaan kue bulan mengandung kurang dari 3% air. Kue bulan ini permukaannya akan dilapisi selaput tipis sehingga jamur tidak bisa tumbuh, apalagi jika disimpan dalam tempat yang kering.

Namun para ahli pangan tetap mengimbau agar orang-orang tidak mengonsumsi makanan yang sudah kedaluwarsa. Meskipun penampilan kue dan makanan itu masih terlihat enak dan baik-baik saja.

Baca Juga: Nikmati Kue Bulan Charcoal yang Unik dengan Oolong Tea dari Taiwan



Simak Video "Transformasi Kue Bulan yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)