BPOM Keluarkan Logo 'Pilihan Lebih Sehat' untuk Makanan Kemasan, Apa Artinya?

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 01 Okt 2020 16:00 WIB
BPOM Keluarkan Logo Pilihan Lebih Sehat untuk Makanan Kemasan Foto: standarpangan.pom.go.id
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) baru saja meluncurkan logo 'Pilihan Lebih Sehat'. Tujuannya agar konsumen lebih bijak dalam membeli makanan dan minuman.

Logo 'Pilihan Lebih Sehat' yang diluncurkan BPOM terdapat dalam kemasan beberapa produk makanan. Beberapa di antaranya adalah mie instan dan minuman kemasan. Dua kelompok makanan ini banyak dikonsumsi dan merupakan penyumbang gula, garam, dan lemak yang tinggi pula.

BPOM Keluarkan Logo 'Pilihan Lebih Sehat' untuk Makanan KemasanBPOM Keluarkan Logo 'Pilihan Lebih Sehat' untuk Makanan Kemasan Foto: dok. Nestle Indonesia

Logo ini mudah dikenali dengan bentuk centang atau checklist hijau yang terdapat tulisan 'Pilihan Lebih Sehat' dan 'Dibandingkan Produk Sejenis Bila Dikonsumsi Dalam Jumlah Wajar'.

Disampaikan Yusra Egayanti selaku Kepala Subdit Standardisasi Pangan Olahan Tertentu Badan BPOM, bahwa produk-produk makanan yang berhak mendapatkan logo tersebut harus memenuhi persyaratan.

Baca Juga: 5 Trik Kemasan Produk Makanan Sehat Agar Terkesan Lebih Meyakinkan

BPOM Keluarkan Logo 'Pilihan Lebih Sehat' untuk Makanan KemasanBPOM Keluarkan Logo 'Pilihan Lebih Sehat' untuk Makanan Kemasan Foto: iStock

"Persyaratannya apa? Untuk minuman siap konsumsi dapat mencantumkan logo 'Pilihan Lebih Sehat' apabila mengandung gula dalam hal ini di seluruh gula monosakarida dan disakarida, tidak termasuk laktosa dan tidak digantikan juga dengan BTP Pemanis maksimal 6 gram per 100 ml," tutur Yusra Egayanti, perwakilan BPOM, dalam Webinar 'Cara Cerdas Memilih Produk Pangan' bersama Nestle Indonesia (30/9).

"Dan untuk kelompok pasta dan mie instan itu yang dibatas adalah lemak total 20 gram per 100 gram. Kemudian natrium atau garamnya 900 mg per 100 gram. Sepanjang kelompok produk ini memenuhi peraturan batasan maksimum ini, maka dapat dicantumkan logo 'Pilihan Lebih Sehat'," lanjut Egayanti.

BPOM Keluarkan Logo 'Pilihan Lebih Sehat' untuk Makanan KemasanBPOM Keluarkan Logo 'Pilihan Lebih Sehat' untuk Makanan Kemasan Foto: dok. Nestle Indonesia

Adanya logo ini untuk menekankan kalau produk makanan dan minuman tersebut lebih baik dikonsumsi dibandingkan produk sejenis lainnya namun dalam batas wajar. "Jadi, kalau konsumsinya berlebih juga tentunya menjadi bukan lagi Pilihan Lebih Sehat," ujar Egayanti.

Logo 'Pilihan Lebih Sehat' ini sudah ada di beberapa produk makanan dan minuman yang diproduksi Nestle Indonesia. Seperti yang terdapat pada produk minuman siap konsumsi, yaitu Milo UHT, Dancow UHT, dan Bear Brand.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Lebih Enak dari Junk Food



Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com