Ratusan Kali Gagal Bikin Roti Sourdough Tak Bikin Chef Vindex Kapok

Devi Setya - detikFood Senin, 28 Sep 2020 18:30 WIB
Ratusan Kali Gagal Bikin Roti Sourdough Tak Bikin Chef Vindex Kapok Foto: instagram @chefvindextengker
Jakarta -

Chef profesional sekelas Chef Vindex Tengker saja pernah gagal saat membuat makanan. Ia mengaku ratusan kali gagal membuat roti sourdough.

Pria yang pernah menjadi juri MasterChef Indonesia ini dikenal luas sebagai praktisi kuliner profesional. Chef Vindex juga sudah lebih dari 30 tahun berkecimpung di dunia kuliner, termasuk sebagai Executive Chef hotel berbintang. Berbagai makanan enak pun pernah diracik oleh tangannya, tapi siapa sangka ternyata Chef Vindex juga pernah gagal membuat makanan.

Ditemui detikFood belum lama ini, Chef Vindex mengaku masih terus belajar mengolah berbagai makanan. Salah satu yang sempat membuatnya penasaran adalah roti sourdough. Pria yang pernah jadi executive chef di Hotel Dharmawangsa ini pun mengaku berkali-kali gagal saat mencoba membuat sourdough.

Ratusan Kali Gagal Bikin Roti Sourdough Tak Bikin Chef Vindex KapokRatusan Kali Gagal Bikin Roti Sourdough Tak Bikin Chef Vindex Kapok Foto: instagram @chefvindextengker

"Sebenernya semua makanan nggak ada yang susah asal kita tau profile asli makanannya, rasa asli makanannya. Kalau nggak tau malah jadi susah, walaupun lihat resep. Kadang hasilnya nggak balance," ujar Chef Vindex.

Salah satu makanan yang menurut Chef Vindex membutuhkan perhatian dan ketelatenan proses adalah roti sourdough. Chef Vindex setidaknya sudah bergelut membuat roti sourdough sejak 2 tahun belakangan. Tahun pertama mempelajari roti sourdough diakui Chef Vindex sebagai bagian tersulit.

"Awalnya saya menilai ini aneh, apa sih ragi starter? Kan orang taunya bikin roti pakai ragi jadi. Nah ini yang menarik buat saya sampai akhirnya saya coba bikin, starter ragi (biang) saya umurnya sekarang udah 2 tahun. Ya sebenernya kalau ditekunin bisa. Tapi susah," ujar Chef Vindex.

Event d'Xpertise Brongkos Sedap dengan Daging Australia Ala Chef Vindex TengkerRatusan Kali Gagal Bikin Roti Sourdough Tak Bikin Chef Vindex Kapok Foto: detikFood

Proses belajar Chef Vindex tidaklah mudah, ia bahkan mengaku sudah ratusan kali gagal membuat roti sourdough. "Belajar 1 tahun, coba ini coba itu. Kalau belum tau jangan bilang susah, dicoba dulu. Kalau kita mau bikin pasti bisa. Mungkin ratusan kali gagal," beber Chef Vindex.

Jadi menurut Chef Vindex, banyak faktor yang akhirnya membuat ia berkali-kali gagal menghasilkan sourdough yang sesuai harapan. Membuat sourdough bukan semata-mata langsung berhasil kalau sudah memiliki ragi starter.

"Ini tergantung banget sama suhu, harus telaten, (ragi starter/biang) dikasih makan terus ada yang 24 jam, ada yang 12 jam. Sampai dia kuat, baru bisa disimpan jadi biang, nantinya kuat sampai ratusan tahun," ujar Chef Vindex.

Dari hasil usahanya ini, Chef Vindex sudah bisa membuat roti sourdough yang sesuai harapan. Kini ia pun rutin membuka kelas online yang mengajari membuat roti sourdough.



Simak Video "Chef Vindex Tengker beri Resep Brongkos Iga Sapi Australia yang Istimewa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com