Jangan Menyeduh Teh Pakai Air Mendidih, Ini Kata Ahli Teh

Odilia WS - detikFood Selasa, 29 Sep 2020 07:00 WIB
Teh Hangat Netizen Foto: iStock
Jakarta -

Mungkin kamu sering menyeduh teh dengan air mendidih. Ternyata tak asal menuangkan air panas, suhu air harus tepat untuk menyeduh teh enak.

Terlihat mudah dan semua orang bisa menyeduh teh. Karena hanya menuangkan ke daun teh atau teh kantong. Tinggal tunggu beberapa menit, air teh bisa langsung dinikmati.

Bagi masyarakat Inggris, minum teh sudah menjadi budaya yang dilakukan rutin setiap hari. Maka menyeduh teh dengan cara benar merupakan masalah serius. Seperti halnya beberapa waktu lalu ada perdebatan, apakah susu harus dituangkan dulu baru teh, atau sebaliknya.

Kebanyakan orang menuangkan air mendidih dari ketel langsung ke poci teh atau cangkir teh. Padahal cara ini sangat tidak benar bahkan disebutkan rasa teh akan seperti rebusan kol.

glass teapot with chinese tea, cup of herbal teaJangan menyeduh teh pakai air mendidih. Foto: detikFood/iStock

Soal suhu air untuk menyeduh teh ini disinggung oleh Martin Isark, seorang pencicip makanan dan minuman profesional dari Inggris. Menurutnya kebiasaan menyeduh teh dengan air mendidih merupakan kebiasaan masa lalu untuk memastikan air benar-benar aman diminum.

'Inilah saatnya mematahkan mitos harus memakai air mendidih untuk menyeduh teh. Air yang terlalu panas akan membunuh cita rasa teh dan yang tersisa hanyalah rasa yang pekat dari tannin kering dan astrigen. Merebus air berlebihan dan mencelupkan teh kantong terlalu lama akan membuat rasa air teh seperti air rebusan kol,' ungkap Martin Isark, seperti dilansir dailymail (27/9).

Untuk mereka yang tak punya ketel dengan pengatur suhu, martin Isark menyarankan menuangkan sedikit air dingin di atas kantong teh sebelum dituangi air mendidih. Terakhir baru ditambahkan susu cair dan gula.

Menurutnya air mendidih bisa turun 10 C setiap ditambahkan 10% air dingin. Karenanya untuk mencapai suhu 80 C maka cangkir teh atau mug perlu diisi 20% air dingin.

tips menyeduh teh untuk sarapanJangan menyeduh teh pakai air mendidih. Foto: iStock

Sementara Edward Eisler, seorang ahli teh dan pendiri Jing Tea setuju dengan pendapat tersebut. "Tidak benar untuk menyeduh teh harus memakai air mendidih. Banyak teh rasanya lebih enak diseduh dengan air yang suhunya lebih dingin,' ujarnya.

Sebagai panduan untuk menyeduh teh hitam jenis Assam bisa dipakai air dengan suhu 80 C. Sementara teh hijau perlu air dengan suhu 50-65 C dna teh oolong dengan air bersuhu di atas 95 C.

Bulan Juni lalu warga Inggris dibuat heboh dengan viralnya video seorang wanita Amerika yang tinggal di Inggris menyeduh teh. Ia memanaskan 1 mug air dingin dalam microwave. Kemudian menuangkan susu sebelum memasukkan kantong teh dan menambahkan banyak gula.



Simak Video "Pertama di Indonesia! Lomba Menyeduh Teh dengan Cara Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)