Setelah Semangka, Mahasiswa Ini Berhasil Ciptakan Game Boy Durian

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 28 Sep 2020 15:00 WIB
Mahasiswa Singapura ciptakan Game Boy Durian Foto: Cedishappy/YouTube
Jakarta -

Mahasiswa Singapura ini telah berhasil membuat Game Boy berbahan semangka. Kini ia mengaplikasikan teknik serupa pada durian Musang King. Keren!

Cedrick Tan, mahasiswa 24 tahun asal Singapura ini jadi perbincangan usai berhasil membuat Game Boy berbahan semangka. Ia menyebutnya MelonBoy yang konsepnya berupa Game Boy keluaran Nintendo, namun bisa dimainkan lewat semangka.

Tan yang paham membuat program game berhasil merakit semua teknologi game di dalam semangka. Prosesnya sekitar 1 minggu. Setelah itu, ia ditantang netizen untuk menciptakan Game Boy dengan buah lain.

Mahasiswa Singapura ciptakan Game Boy DurianMahasiswa Singapura ciptakan Game Boy Durian Foto: Cedishappy/YouTube

Baca Juga: Kreatif! Mahasiswa Ini Ciptakan Game Boy dari Buah Semangka

Dikutip dari Mothership (27/9), akhirnya Tan pilih berkreasi dengan durian. Ia menunjukkan langkah demi langkah membuat Game Boy durian di YouTube. Dimulai dari mengeluarkan semua biji durian.

Selanjutnya, Tan mencuci bagian dalam kulit durian dan memangkas beberapa bagian putihnya. Kulit durian lalu dibiarkan mengering.

Proses setelahnya adalah Tan menyambung kembali semua bagian durian menggunakan sekrup. Hingga jadilah casing durian dengan lubang persegi kecil di tengahnya.

Mahasiswa Singapura ciptakan Game Boy DurianMahasiswa Singapura ciptakan Game Boy Durian Foto: Cedishappy/YouTube

Tan kemudian melakukan beberapa kali pengujian. Ia banyak menyolder dan berulang kali gagal sebelum mendapat formula yang tepat membuat Game Boy durian ini.

Namun saat diuji coba ke teman-temannya, game buatan Tan sempat 'crash'. Ia lantas kembali memperbaikinya. Ternyata pemicunya karena korsleting.

Tan putuskan mengubah desain dan memindahkan semuanya ke Raspberry Pi Zero. Hingga akhirnya berhasil membangun kembali Durian GameBoy.

Mahasiswa Singapura ciptakan Game Boy DurianMahasiswa Singapura ciptakan Game Boy Durian Foto: Cedishappy/YouTube

Dibanding semangka, membuat game di durian ini ternyata jauh lebih sulit kata Tan. Sebab permukaan kulitnya keras dan ada duri-durinya. Total butuh waktu 2 minggu bagi Tan menyelesaikan Game Boy dalam durian ini.

Tan kemudian membawa Durian GameBoy ke mall untuk diuji coba orang-orang asing. Sekelompok pemuda yang mencobanya bilang aroma durian masih tercium.

Mereka juga bilang game ini sangat unik, namun mengoperasikannya sulit karena harus memegang kulit durian. Ke depannya, Tan tetap membuka kemungkinan berkreasi dengan buah-buahan lain untuk membuat Game Boy.

Baca Juga: Terinspirasi dari Pizza, Pac-Man Jadi Permainan Arkade Terlaris di Dunia



Simak Video "Pedas Manis Toge Goreng Saus Tauco Hj Omah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)