Terinspirasi dari Pizza, Pac-Man Jadi Permainan Arkade Terlaris di Dunia

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 30 Mei 2020 14:00 WIB
- Foto: AFP/Istimewa
Jakarta -

Siapa yang tak kenal dengan game atau permainan Pac-Man? Banyak yang belum tahu bahwa karakter Pac-Man sendiri ternyata terinspirasi dari pizza.

Pertama kali diluncurkan pada bulan Mei 1980 di Tokyo, Pac-Man jadi salah satu permainan arkade yang paling laris di dunia. Permainan arkade atau game arcade dulu sangat populer di era 80-an dengan ciri khas penggunaan koin di mesinnya.

Baca Juga: Tempat Tidur Ini Dirancang Khusus Buat Gamer yang Hobi Ngemil

-- Foto: AFP/Istimewa

Di antara sekian banyak permainan arkade ada Pac-Man yang masih populer meski sudah berusia 40 tahun. Menurut sang pencipta bernama ToruItawani, karakter Pac-Man dengan bentuk bulat dan mulut besar ternyata terinspirasi dari pizza.

Dilansir dari SCMP (30/05), saat itu Toru masih berusia 25 tahun ketika ia mengambil satu potong pizza dari loyang yang ada. Ia kemudian memperhatikan bentuk pizza yang mirip seperti mulut terbuka.

-- Foto: AFP/Istimewa

Tak lama ia langsung membuat karakter Pac-Man yang menelan titik-titik besar di dalam labirin. Agar permainannya semakin seru, Toru juga menciptakan empat hantu bernama Blinky, Pinky, Inky dan Clyde yang bertugas mengejar Pac-Mac saat ia menelan titik-titik tersebut.

Meski terinspirasi dari pizza yang dimakannya, tapi Toru tak menyangka bahwa game yang diciptakannya ini disukai oleh semua kalangan, termasuk orang-orang yang jarang bermain game.

-- Foto: AFP/Istimewa

Bahkan Guinness World mencatat Pac-Man sebagai koin game paling sukses di era arkade. Termasuk fakta menarik dari satu potong pizza yang menjadi bintang game legendaris selama 40 tahun terakhir.

Selain Pac-Man, kini banyak game tentang makanan yang tak kalah seru dengan permainan lainnya. Seperti game Ramen Chain yang melayani ramen pesanan pembeli, kemudian ada game Cook Serve Delicious! yang mengajak pemain untuk memasak dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Masa Karantina Jadi Asyik dengan Memainkan 5 Game Memasak Ini



Simak Video "Mencoba Thai Tea Kekinian, Murah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)