Mantul! Ibu Beybi, ODGJ yang Jago Masak

Devi Setya - detikFood Jumat, 25 Sep 2020 18:30 WIB
Ibu Beybi, ODGJ yang Jago Masak Foto: Youtube Rian TV
Jakarta -

Wanita berambut pendek ini akrab disapa Ibu Beybi. Ia dikenal sebagai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tapi ia juga ternyata jago masak.

Ibu Beybi dulunya tinggal di jalanan dan hidup sebatang kara. Namun ia diselamatkan oleh youtuber bernama Rian hingga akhirnya kini bisa hidup nyaman di panti sosial. Lewat channel youtube Rian TV, bisa dilihat keseharian Ibu Beybi termasuk saat ia telaten membuat masakan.

Rian pertama kali menemukan Ibu Beybi sekitar 11 bulan lalu. Saat itu kondisinya sangat memprihatinkan karena Ibu Beybi hidup tak terurus sebagai gelandangan. Ditambah lagi kondisi mentalnya yang mengalami gangguan sehingga membuatnya disebut ODGJ.

Ibu Beybi, ODGJ yang Jago MasakIbu Beybi, ODGJ yang Jago Masak Foto: Youtube Rian TV

Ibu Beybi terkenal emosional dan sering marah, namun kini setelah hidup di panti sosial ia lebih bisa diajak berkomunikasi meskipun belum lancar. Tampilan dirinya juga sekarang lebih bersih dengan rambut pendek.

Dalam salah satu tayangan video terlihat aksi Ibu Beybi yang asyik memasak makanan. Ia mengandalkan kompor yang terbuat dari kayu bakar, sebuah panci berisi sayuran diletakkan di atas kompor ini. Tangannya tak berhenti mengaduk makanan yang dimasak agar matang merata.

Rian mencoba meminta untuk mencicipi makanan yang sedang dimasak namun sayangnya Ibu Beybi tidak mengizinkan. Ia terus melarang Rian mendekati maupun mencoba makanannya.

Setelah matang, masakannya ini dibawa masuk ke kamar namun tidak untuk langsung disantap karena Ibu Beybi tampaknya malu jika makan sambil dilihat banyak orang. Kebiasaan masaknya ternyata memang sudah dilakukan sejak ia masih hidup di jalanan.

Beberapa kali terlihat Ibu Beybi menyiapkan masakan dengan alat dan bahan seadanya. Ia memasak menggunakan kayu bakar sementara wadahnya mengandalkan kaleng bekas makanan. Meskipun jauh dari unsur hygienis tapi yang dilakukan Ibu Beybi ini cukup menarik perhatian karena ia terbilang mandiri.

Setelah ditinggal cukup lama, barulah Ibu Beybi menyantap hasil masakannya. Tapi lagi-lagi ia tak mau diganggu oleh siapapun. Makanan yang ada di depannya langsung ditutup menggunakan piring plastik.

Ibu Beybi, ODGJ yang Jago MasakIbu Beybi, ODGJ yang Jago Masak Foto: Youtube Rian TV

Aksi masak Ibu Beybi ini menarik perhatian, banyak yang memuji kemandirian Ibu Beybi saat masak. Ada juga yang fokus pada kegigihan Rian untuk mendekati ODGJ yang pada dasarnya sulit diajak berkomunikasi.

"Seneng deh liat Bu Beybi sekarang bersih, rajin masak sendiri," ujar netizen.

"Ibu Beybi ini kesayangan bang Rian. Aku tau perjalanan bang Rian untuk luluhin hati Ibu Beybi dari awal," kata netizen.



Simak Video "Masak Masak: Resep Korean Sweet Potato Bread"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)