7 Ramen Populer Asli Jepang, dari Sapporo hingga Hakata

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 24 Sep 2020 14:00 WIB
7 Ramen Populer Asli Jepang, dari Sapporo hingga Hakata Foto: Getty Images/iStockphoto/kanonsky
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea
Jakarta -

Ramen memiliki banyak variasi di Jepang tergantung daerah asalnya. Seperti 7 ramen populer asli Jepang dari wilayah Sappora hingga Hakata ini.

Sepintas racikan ramen Jepang terlihat sama karena terdiri dari mie, kuah kaldu, dan topping seperti char siu, telur, daun bawang, hingga pipilan jagung. Tapi bagi penikmat mi Jepang ini, pasti tahu kalau ramen punya banyak variasi.

Di beberapa wilayah Jepang, ramen diracik dengan cara berbeda. Sebut saja ramen gaya Sapporo, Kyoto, hingga Hakata. Apa perbedaan ramen di wilayah-wilayah ini? Dan wilayah mana lagi yang punya racikan ramen berbeda?

Berikut 7 ramen populer asli Jepang dari berbagai wilayah, seperti detikFood rangkum dari Matcha-Jp (24/9):

1. Ramen Sapporo

7 Ramen Populer Asli Jepang, dari Sapporo hingga Hakata7 Ramen Populer Asli Jepang, dari Sapporo hingga Hakata Foto: Getty Images/iStockphoto/kanonsky

Dari Hokkaido ada ramen Sapporo yang terkenal. Racikan standarnya memakai tonkotsu (kaldu berbahan babi). Warnanya bening dengan tambahan rasa dari kecap asin, garam, dan miso.

Untuk jenis mi-nya tebal dan keriting. Lalu diberi topping seperti sayuran tumis, jagung, daging cincang bumbu miso, wakame, dan butter. Ada juga yang memberi topping kepiting utuh.

2. Ramen Kitakata

7 Ramen Populer Asli Jepang, dari Sapporo hingga Hakata7 Ramen Populer Asli Jepang, dari Sapporo hingga Hakata Foto: Getty Images/iStockphoto/kanonsky

Menyambangi Fukushima, kamu bisa menemukan ramen kitakata yang khas. Kaldunya gurih karena berasal dari sarden kering dan tulang babi. Kebanyakan berbasis kecap asin, tapi ada juga yang memakai kaldu shio atau miso.

Mi pada ramen kitakata jenisnya tebal, pipih, dan agak berkerut. Untuk toppingnya memakai char siu, daun bawang, menma (rebung), dan fish cakes.

Baca Juga: Foodies Banyak Berburu Ramen, Begini Cara Benar Makan Ramen Jepang

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Roti Sobek Warna-warni"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea
FOKUS BERITA Jajanan Jepang & Korea