Jinsimian, Mi Setipis Benang dari China yang Bisa Masuk Lubang Jarum

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 24 Sep 2020 13:00 WIB
Jinsimian, Mi Setipis Benang dari China yang Bisa Masuk Lubang Jarum Foto: Yong Guo/South China Morning Post
Jakarta -

China punya jenis mi istimewa bernama jinsimian. Bentuknya super tipis, persis benang, sampai-sampai bisa dimasukkan ke dalam lubang jarum.

Terkenal dengan hidangan mi, China memiliki banyak variasi mi. Dibedakan berdasarkan bahan pembuatan mi hingga bentuknya. Ada yang tebal, tipis, dan bahkan sangat tipis.

Varian mi sangat tipis ini disebut mi benang emas atau jinsimian di China. Terlihat bentuk mi super tipis namun elastis karena bisa dimasukkan ke dalam lubang jarum. Tentu saja hal ini menarik perhatian banyak pencinta mi.

South China Morning Post (24/9) merangkum fakta-fakta unik seputar jinsimian. Dari mana mi ini berasal hingga seperti apa cara membuatnya, berikut informasinya:

1. Sebutan mi benang emas

Jinsimian, Mi Setipis Benang dari China yang Bisa Masuk Lubang JarumJinsimian, Mi Setipis Benang dari China yang Bisa Masuk Lubang Jarum Foto: Yong Guo/South China Morning Post

Jinsimian atau mi benang emas adalah varian mi dari provinsi Sichuan. Konon sudah ada selama 100 tahun. Mi ini tidak dibuat sehari-hari atau dijual di restoran pada umumnya, tetapi hanya dibuat saat ada acara spesial.

Disebut mi benang emas karena warnanya benar-benar emas. Yang Yongfu, chef spesialis pembuat jinsimian mejelaskan, "Setelah adonan diuleni, warna mi menjadi emas dan saat digulung terlihat seperti kertas emas."

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung"
[Gambas:Video 20detik]