Keren! Chef China Ini Mampu Iris Tahu Setipis Benang

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 03 Jan 2019 10:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selain jago masak, banyak chef yang punya keahlian khusus dan tak kalah keren. Seperti mengiris tahu sangat tipis, hingga menyerupai benang.

Dong Zhenglin merupakan seorang chef asal China Selatan, tepatnya di Provinsi Chongqing. Videonya saat mengiris tofu atau tahu langsung viral di internet, setelah potongan tahu ini berubah menjadi benang ketika ia rendam di dalam air.

Baca Juga: Ini 10 Ragam Menu Tionghoa yang Jadi Kesukaan Masyarakat Indonesia
Keren! Chef China Ini Mampu Iris Tahu Setipis BenangFoto: Istimewa
Di China, tahu atau tofu merupakan salah satu makanan pokok yang kerap digunakan dalam berbagai hidangan. Jika di Indonesia tekstur tahu lebih padat dan keras, tofu di China punya tekstur lebih lembut dan kenyal sehingga jika tidak ahli, tofu ini teksturnya akan hancur ketika dipotong.

Tapi Chef Dong berhasil mengiris tahu setipis benang lewat pisau tajamnya. Chef berusia 28 tahun ini mampu mengubah satu kotak tofu, menjadi ratusan benang halus setebal 1 milimeter.

Meski terlihat mudah, tapi rupanya keahliannya ini ia asah selama 8 tahun berkerja sebagai chef. Chef Dong kerap berlatih cara memotong dan mengiris makanan, hingga dia menemukan keahliannya yang satu ini.
Keren! Chef China Ini Mampu Iris Tahu Setipis BenangFoto: Istimewa
"Dibutuhkan sekitar 600 potongan untuk mengubah tofu menjadi irisan tipis," ungkap Chef Dong yang kini menjadi guru di sekolah memasak.

Chef Dong menjelaskan bahwa tahu halus atau benang tofu ini biasanya digunakan untuk tahun krisan, sejenis hidangan tradisional yang ada di wilayah China Tengah.

"Helai sutra dari tahu ini kemudian dijahit satu per satu di bawah air untuk menciptakan bunga," tuturnya.
Keren! Chef China Ini Mampu Iris Tahu Setipis BenangFoto: Istimewa
Menanggapi video ini, banyak netizen yang terkesan dengan keahlian Chef Dong mengubah tahu menjadi setipis sehelai benang.

"Keren sekali, saya bahkan tidak bisa memotong tofu tanpa menghancurkan tofu itu. Pasti ia banyak berlatih," tutur seorang netizen di situs Weibo.

Baca Juga: Sluurp! Wine dari Whey Tofu Ini Selain Enak Juga Menyehatkan

(sob/odi)